PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI FLUIDA STATIS TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA

FADEL RISTA PERDANA, 1313022024 (2017) PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI FLUIDA STATIS TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERISTAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2550Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2550Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Problem based learning merupakan inovasi dalam pembelajaran yang mengoptimalkan kemampuan berpikir siswa melalui proses kerja kelompok atau tim yang sistematis, sehingga siswa dapat memberdayakan, mengasah, menguji, dan mengembangkan kemampuan berpikirnya secara berkesinambungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lembar kerja siswa berbasis problem based learning pada materi fluida statis terhadap hasil belajar fisika dan untuk meningkatan hasil belajar fisika. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 6 dan kelas XI IPA 5 SMA Negeri 16 Bandar Lampung. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan menggunakan bentuk non-equivalent control grup design. Berdasarkan uji normalitas dan uji homogenitas diperoleh data hasil belajar yang berdistribusi normal dan homogen. Kemudian dari uji independent sample t-test didapatkan nilai thitung > ttabel (9,965 > 1,670) dan signifikansi ( 0,00 < 0,05 ) maka H0 ditolak artinya terdapat pengaruh hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol secara signifikan. Rata-rata nilai N-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,57 dengan kategori sedang, sedangkan 0,298 untuk kelas kontrol dengan kategori rendah. Artinya terjadi peningkatan yang lebih besar jika dilihat dari perbedaan rata-rata N-gain hasil belajar fisika kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Kata kunci : fluida statis, hasil belajar fisika, lembar kerja siswa, problem based learning.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> QC Physics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 10679806 . Digilib
Date Deposited: 15 Aug 2017 07:44
Terakhir diubah: 15 Aug 2017 07:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27935

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir