PENGARUH MEDIA SCRAPBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS XI AKUNTANSI DI SMK MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

IRREN SYAHRIYANTI, 0913033048 (2016) PENGARUH MEDIA SCRAPBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS XI AKUNTANSI DI SMK MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. FAKULTA KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (661Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1050Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Media sebagai salah satu komponen dari pengajaran yang sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran. Media pembelajaran dipakai sebagai alat perantara untuk menyampaikan informasi kepada siswa. Dengan adanya media pembelajaran yang kreatif maka mampu merangsang siswa untuk menyukai pelajaran tersebut. Media pembelajaran juga dianggap efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu media yang dipakai dalam proses pembelajaran adalah media visual tiga dimensi, salah satu bentuknya adalah scrapbook. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh media pembelajaran scrapbook terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPS kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung tahun ajaran 2015/2016, dan bagaimanakah pengaruhnya? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media scrapbook terhadap hasil belajar kognitif pada mata pelajaran IPS siswa kelas XI Akuntansi di SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Untuk mendapatkan data, peneliti menggunakan metode eksperimen semu dengan desain penelitian one-shot case study, yaitu hanya satu kelas yang diberi perlakuan (treatmean) selanjutnya di observasi hasilnya. Peneliti melakukan pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, tes, dokumentasi dan studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media scrapbook terhadap hasil belajar kognitif siswa dilakukan posttest sebanyak tiga kali. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah media scrapbook memiliki pengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa. Hal ini dilihat dari selisih persentase rata-rata pencapaian indikator hasil belajar kognitif siswa sebagai berikut, pada posttest pertama dan posttest kedua adalah sebesar 4,58%, sedangkan selisih dari posttest kedua dengan posttest ketiga sebesar 10,42%. Dari selisih posttest ini menunjukkan bahwa pada setiap pertemuannya kemampuan siswa dalam menjawab soal mengalami peningkatan pada setiap indikatornya.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: 59299546 . Digilib
Date Deposited: 16 Aug 2017 06:47
Terakhir diubah: 16 Aug 2017 06:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27963

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir