PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PORTOFOLIO PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

DWIPA FREDY PUTRI, 1123031011 (2014) PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PORTOFOLIO PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER LUAR.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (588Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (56Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (764Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (636Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (648Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (112Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (104Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (274Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (234Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1258Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (55Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (23Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan menggunakan model pembelajaran portofolio serta pengamatan berpikir kritis siswa. Alat pengamatan yang digunakan kamera dan video. Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi, catatan lapangan, lembar tes, dan kamera. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian tindakan kelas, siklus I menggunakan media surat kabar menunjukkan kegiatan guru dan berpikir kritis siswa dalam kategori kurang baik. Siklus II menggunakan media surat kabar, dan internet juga menunjukkan belum mencapai indikator yang diharapkan pada berpikir kritis siswa. Siklus III terjadi peningkatan berpikir kritis siswa menggunakan media surat kabar, internet dan pejabat terkait dalam penggunaan model pembelajaran portofolio. Siswa sudah dapat menganalisis, menghubungkan dan mengevaluasi semua aspek permasalahan, melakukan pemusatan pada bagian permasalahan, mengumpulkan dan mengatur informasi, memeriksa kebenaran informasi, menentukan alasan dari jawaban, mengingat dan menghubungkan dengan pembelajaran yang terdahulu, menarik kesimpulan, serta menganalisis dan merefleksinya secara alami. ABSTRACT BAHASA INGGRIS

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum > Karya Karya Umum = 000
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Depositing User: 709774 . Digilib
Date Deposited: 19 Aug 2014 06:13
Last Modified: 19 Aug 2014 06:13
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/2803

Actions (login required)

View Item View Item