I Ketut, NI WAYAN CHACHA NOVIA (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI LARUTAN NON-ELEKTROLIT DAN ELEKTROLIT DALAM MENINGKATKANKETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN INFERENSI. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
2. COVER DALAM.pdf - Published Version Download (72Kb) | Preview |
|
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. HALAMAN MENYETUJUI.pdf - Published Version Download (134Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (65Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (44Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (24Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (52Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab III.pdf - Published Version Download (262Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (267Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (11Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (1957Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan inferensi siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA Swadhipa Natar kelas X 1 dan kelas X2 semester genap Tahun Ajaran 2012-2013 yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing diukur berdasarkan peningkatan N-gain yang signifikan dan uji perbedaan dua rata-rata (uji t). Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata N-gain keterampilan mengelompokkan untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,43 dan 0,61; dan rerata nilai N-gain keterampilan inferensi untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,49 dan 0,60. Berdasarkan hasil uji t, diketahui bahwa kelas dengan pembelajaran inkuiri terbimbing memiliki keterampilan mengelompokkan dan inferensi siswa yang lebih tinggi dibandingkan kelas dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Ni Wayan Chacha Novia inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan inferensi siswa. Kata kunci: model pembelajaran inkuiri terbimbing, keterampilan mengelompokkan dan keterampilan inferensi
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan > QD Chemistry |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 09 Jan 2014 01:57 |
Terakhir diubah: | 09 Jan 2014 01:57 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/283 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |