EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI LARUTAN NON-ELEKTROLIT DAN ELEKTROLIT DALAM MENINGKATKANKETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN INFERENSI

I Ketut, NI WAYAN CHACHA NOVIA (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI LARUTAN NON-ELEKTROLIT DAN ELEKTROLIT DALAM MENINGKATKANKETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN INFERENSI. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
2. COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (72Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
1. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
4. HALAMAN MENYETUJUI.pdf - Published Version

Download (134Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
6. PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (65Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (44Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (52Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf - Published Version

Download (262Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (267Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (1957Kb)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan inferensi siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA Swadhipa Natar kelas X 1 dan kelas X2 semester genap Tahun Ajaran 2012-2013 yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing diukur berdasarkan peningkatan N-gain yang signifikan dan uji perbedaan dua rata-rata (uji t). Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata N-gain keterampilan mengelompokkan untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,43 dan 0,61; dan rerata nilai N-gain keterampilan inferensi untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,49 dan 0,60. Berdasarkan hasil uji t, diketahui bahwa kelas dengan pembelajaran inkuiri terbimbing memiliki keterampilan mengelompokkan dan inferensi siswa yang lebih tinggi dibandingkan kelas dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Ni Wayan Chacha Novia inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan inferensi siswa. Kata kunci: model pembelajaran inkuiri terbimbing, keterampilan mengelompokkan dan keterampilan inferensi

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 09 Jan 2014 01:57
Last Modified: 09 Jan 2014 01:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/283

Actions (login required)

View Item View Item