I Ketut, NI WAYAN CHACHA NOVIA (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI LARUTAN NON-ELEKTROLIT DAN ELEKTROLIT DALAM MENINGKATKANKETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN INFERENSI. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
Text
2. COVER DALAM.pdf - Published Version Download (72Kb) | Preview |
|
|
Text
1. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (9Kb) | Preview |
|
|
Text
4. HALAMAN MENYETUJUI.pdf - Published Version Download (134Kb) | Preview |
|
|
Text
6. PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (65Kb) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (44Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (24Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Download (52Kb) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf - Published Version Download (262Kb) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (267Kb) |
|
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Download (11Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (11Kb) | Preview |
|
![]() |
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (1957Kb) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan inferensi siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA Swadhipa Natar kelas X 1 dan kelas X2 semester genap Tahun Ajaran 2012-2013 yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing diukur berdasarkan peningkatan N-gain yang signifikan dan uji perbedaan dua rata-rata (uji t). Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata N-gain keterampilan mengelompokkan untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,43 dan 0,61; dan rerata nilai N-gain keterampilan inferensi untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,49 dan 0,60. Berdasarkan hasil uji t, diketahui bahwa kelas dengan pembelajaran inkuiri terbimbing memiliki keterampilan mengelompokkan dan inferensi siswa yang lebih tinggi dibandingkan kelas dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Ni Wayan Chacha Novia inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan inferensi siswa. Kata kunci: model pembelajaran inkuiri terbimbing, keterampilan mengelompokkan dan keterampilan inferensi
Tipe Karya Ilmiah: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | L Education > L Education (General) = Pendidikan Q Science (General) > QD Chemistry |
Program Studi: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Farid Hambali Prihantoro, A.Md. |
Date Deposited: | 09 Jan 2014 01:57 |
Last Modified: | 09 Jan 2014 01:57 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/283 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |