OKTA VIA ARISCA, 1313024065 (2017) IDENTIFIKASI KESULITAN GURU IPA DALAM MERENCANAKAN DAN MELAKSANAKAN ASESMEN (Studi Deskriptif pada Guru IPA kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Metro Pusat Kotamadya Metro). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (697Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (568Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan guru dalam merencanakan dan melaksanakan asesmen. Sampel penelitian adalah guru IPA kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Metro Pusat. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain deskriptif. Sampling yang digunakan adalah sampling jenuh yang berarti semua anggota populasi dijadikan sampel. Data penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi instrumen berupa angket dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan deskriptif persentase untuk angket kesulitan guru dalam merencanakan dan melaksanakan asesmen dan data wawancara dianalisis secara deskriptif menggunakan teknik crosscheck (pencocokan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan guru IPA kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Metro Pusat dalam merencanakan asesmen mengalami kesulitan dengan persentase sebesar 44,00%, artinya kesulitan yang dialami guru dalam merencanakan asesmen dikategorikan cukup. Faktor utama yang menyebabkan iii guru cukup kesulitan dalam merencanakan asesmen adalah “membuat indikator pencapaian kompetensi peserta didik”. Hasil analisis angket kesulitan guru dalam melaksanakan asesmen, menunjukkan bahwa guru IPA kelas VIII SMP Negeri se- Kecamatan Metro Pusat mengalami kesulitan dengan persentase skor 51,39%, yang berarti kesulitan dalam melaksanakan asesmen dikategorikan cukup. Faktor utama yang menyebabkan guru cukup kesulitan dalam melaksanakan asesmen adalah dalam pelaksanaan asesmen ranah afektif, terutama dalam “mengamati aspek sikap”. Kata Kunci : kesulitan, melaksanakan asesmen, merencanakan asesmen
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 42851750 . Digilib |
Date Deposited: | 02 Oct 2017 08:05 |
Terakhir diubah: | 02 Oct 2017 08:05 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28384 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |