PENGGUNAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DALAM BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 11 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

YULIANTON ASHZAR IBRAHIM , 1313052064 (2017) PENGGUNAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DALAM BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 11 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1239Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (862Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini percaya diri dalam belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan rasa percaya diri dalam belajar pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 11 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017. Metode penelitian adalah metode pre eksperimen dengan desain one group pretest-posttest dan dianalisis dengan statistik non parametrik menggunakan uji Wilcoxon. Subyek penelitian sebanyak 7 orang siswa kelas VIII di SMP Negeri 11 Bandar Lampung yang memiliki rasa percaya diri dalam belajar yang rendah. Hasil yang diperoleh dalam penelitian menunjukkan rasa percaya diri siswa mengalami peningkatan setelah pemberian layanan bimbingan kelompok. Hal ini ditunjukkan dari hasil pretest dan posttest yang diperoleh zhitung =-2,371 dan ztabel 0,05 = 1,645 dengan taraf signifikansi p= 0,018 dan peningkatannya setara dengan 34%. Karena zhitung<ztabel maka, Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat peningkatan signifikan antara skor percaya diri sebelum diberikan perlakuan dan setelah diberikan perlakuan dengan layanan bimbingan kelompok kepada subyek penelitian. Kata kunci :bimbingan dan konseling, layanan bimbingan kelompok, rasa percaya diri.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Psikologi (General)
> > Psikologi (General)

> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: 98516952 . Digilib
Date Deposited: 03 Oct 2017 08:09
Terakhir diubah: 03 Oct 2017 08:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28407

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir