PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR LANCAR PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

WANDA SEPTIANINGRUM , 1313023089 (2017) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR LANCAR PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1455Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1455Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepraktisan, keefektivan, dan ukuran pengaruh (effect size) model discovery learning dalam meningkatkan keterampilan berpikir lancar pada materi larutan penyangga. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Gadingrejo semester genap tahun 2016/2017 yang terdiri atas 4 kelas dengan jumlah siswa 127. Penelitian ini menggunakan metode poor experimental dengan One-Group Pretest-Posttest desain, pengambilan sampel dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling sehingga didapatkan 2 kelas eksperimen yaitu kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 yang akan diberi perlakuan pembelajaran menggunakan model discovery learning. Data kepraktisan diperoleh dari lembar observasi keterlaksanaan model discovery learning dan angket respon siswa, data keefektivan diperoleh dari lembar observasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung, dan soal tes keterampilan berpikir lancar terdiri atas 7 soal uraian. Data dianalisis menggunakan microsoft Wanda Septianingrum iii excel 2010 dan SPSS versi 16 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan penilaian observer terhadap keterlaksanaan model discovery learning, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, dan aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung berkategori “tinggi”, respon siswa berkategori “tinggi” pada kelas XI IPA 1 dan “sangat tinggi” pada kelas XI IPA 2. Keterampilan berpikir lancar siswa dikelas eksperimen 1 dan 2 meningkat berdasarkan rata-rata skor n-Gain yang diperoleh berkategori “sedang” yaitu 0,55 dan 0,54. Model discovery learning berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan berpikir lancar siswa dengan besar pengaruh 96% pada kelas XI IPA 1 dan 97% pada kelas XI IPA 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model discovery learning praktis, efektif, dan berpengaruh besar dalam meningkatkan keterampilan berpikir lancar siswa pada materi larutan penyangga. Kata kunci: keterampilan berpikir lancar, larutan penyangga, model discovery learning

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 10548505 . Digilib
Date Deposited: 11 Oct 2017 03:14
Terakhir diubah: 11 Oct 2017 03:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28493

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir