PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV B SD NEGERI 10 METRO PUSAT

SAHDI SAPUTRA, 1313053151 (2017) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV B SD NEGERI 10 METRO PUSAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2197Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2198Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas IV B SD Negeri 10 Metro Pusat. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan menggunakan model cooperative learning tipe make a match di kelas IV B SD Negeri 10 Metro Pusat. Jenis peneletian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan nontes yang kemudian dianalisis menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model cooperative learning tipe make a match pada pembelajaran IPS kelas IV B SD Negeri 10 Metro Pusat dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada siklus I aktivitas belajar siswa dengan kategori keberhasilan “sedang”, pada siklus II aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dengan kategori “tinggi”. Sementara itu hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan pada setiap siklusnya. Pada siklus I hasil belajar siswa dengan kategori “tinggi”, pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan kategori “sangat tinggi”. Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, make a match

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2755034 . Digilib
Date Deposited: 11 Oct 2017 09:07
Terakhir diubah: 11 Oct 2017 09:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28505

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir