PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Siti Umikasih, 1523025013 (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
1. ABSTRAK.pdf

Download (49Kb) | Preview
[img] Text
2. TESIS FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5Mb)
[img]
Preview
Text
3. TESIS FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2552Kb) | Preview

Abstrak

iv ABSTRAK PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA Oleh SITI UMIKASIH Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS berbasis Problem Based Learning materi pencemaran lingkungan yang valid dan efektif untuk meningkat-kan keterampilan berpikir kritis. Pengembangan LKS berbasis Problem Based Learning menggunakan desain 4-D alur dari Thiagarajan, dkk (1974) yang terdiri dari empat tahap yaitu define, design, develop dan disseminate. Kevalidan LKS hasil pengembangan didasarkan pada hasil validasi kedua ahli yaitu ahli kontruksi dan kesesuaian isi. Respon guru yang diukur meliputi penilaian pada aspek ke-sesuaian isi dan kemenarikan, sedangkan respon siswa pada aspek kemenarikan dan keterpahaman. Desain penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen the matching only pretest-postes control group design. Data penelitian yang diperoleh berupa data peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dari nilai pretes postes yang sebelumnya telah diuji normalitas, homogenitas dan uji signifikansi (uji t). Peningkatan keterampilan berpikir kritis ditunjukkan oleh rata-rata nilai n-Gain sebesar 0,71 dengan kategori tinggi. Selain menggunakan perhitungan n-Gain untuk mengetahui besarnya dampak dari penggunaan LKS berbasis PBL dapat dilihat dari nilai effect size yang diperoleh yaitu sebesar 0,75 sesuai interpretasi Siti Umikasih kriteria Cohen’s termasuk dalam kategori besar. Berdasarkan hasil n-Gain dan effect size tersebut maka LKS berbasis PBL efektif untuk meningkatkan ke-terampilan berpikir kritis. Pada kelima indikator yang diukur terjadi peningkatan tertinggi pada indikator keempat yaitu advance clarification. Kevalidan LKS di-tunjukkan dengan hasil validasi ahli kontruksi dan kesesuaian isi dengan kategori sangat tinggi dan LKS hasil pengembangan dinyatakan menarik berdasarkan respon guru dan siswa dengan kategori sangat tinggi. Kata Kunci : LKS, model problem based learning, materi pencemaran lingkungan

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: Q Science (General)
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Magister Keguruan IPA
Depositing User: 62437140 . Digilib
Date Deposited: 16 Oct 2017 08:57
Last Modified: 16 Oct 2017 08:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28600

Actions (login required)

View Item View Item