PENINGKATAN APRESIASI SEGATA MELALUI METODE SUGGESTOPEDIA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA LAMPUNG PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 31 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

YAUMI ARFAH , 1423045012 (2017) PENINGKATAN APRESIASI SEGATA MELALUI METODE SUGGESTOPEDIA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA LAMPUNG PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 31 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRACT ,ABSTRAK.ABSTRAK B.LAMPUNG.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1685Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1684Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam mengapresiasi segata. Metode suggestopedia dipilih sebagai alternative untuk meningkatkan kemampuan siswa mengapresiasi segata dalam pembelajaran bahasa Lampung. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran segata dengan menggunakan metode suggestopedia, (2) pelaksanaan pembelajaran segata melalui metode suggestopedia, (3) hasil pembelajaran segata sebelum dan sesudah menggunakan metode suggestopedia (4) peningkatan apresiasi segata melalui metode suggestopedia. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Data dikumpulkan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Prosedur penelitian dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII H SMP Negeri 31 Bandar Lampung tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 30 siswa, terdiri atas 17 siswa putri dan 13 siswa putra. Analisis data yang digunakan adalah analiasis data deskriptif kualitatif melalui observasi dan analisis data kuantitatif melalui tes unjuk kerja melantunkan segata. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan penyempurnaan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) melalui metode suggestopedia yaitu guru membawa imajinasi siswa dalam sebuah konser segata Lampung, dan pada proses penilaian siswa melantunkan segata dengan diiringi musik klasik Lampung. Pada Pelaksanaan pembelajaran segata sebelum menggunakan metode suggestopedia siswa tidak memiliki rasa percaya diri dalam melantunkan segata, setelah menggunakan metode suggestopedia siswa lebih percaya diri dalam melantunkan segata. Hasil pembelajaran segata juga mengalami peningkatan yaitu pada prasiklus rata-rata 52,83, sedangkan siklus III 85,66. Peningkatan kemampuan apresiasi segata melalui metode suggestopedia yaitu dari prasiklus ketuntasan siswa 00,00%, siklus III 100%. Kata kunci: apresiasi, segata dan suggestopedia. ABSTRACT The background of this research was because of students competency in apreciating segata was still low. Suggestopedia method was chosen as an alternativeto improve students ability in segata apreciation in Lampungnese learning. The purpose of this research is to(1) The lesson plan of segata using suggestopedia method, (2) Teaching segata using suggestopedia method, (3) The result of segata learning, before and after using suggestopedia method, (4) the improvement of segata appreciation through suggestopedia method. The method used was qualitative descriptive through Classroom Action Research. Data collecting techniques are by interview, observation, and documentation. The procedure of the research is three- cycle procedure. The subject of the research is students of class VIII of SMPN 31 Bandar Lampung academic year 2015/2016 , with the total amount of 30 students, consisting of 17 female students and 13 male students. The data analysis used was qualitative descriptive data analysis through observation and qualitative data analysis through students performing segata. The result of the research showed that there was an improvement in the lesson plan using suggestopedia method, in which the teacher brought students’ imagination in a segata Lampung concert, and in the scoring process, students sang segata with Lampungnese classical music. In the segata learning process before suggestopedia method was applied, students didn’t have self confidence when performing segata, after suggestopedia method was applied, students performed more confidently. The result of segata learning in the pre cycle also improved, in which the average score was 52,83, while in cycle III it was 85,66. The improvement of segata appreciation through suggestopedia method from pre cycle was that the students’ completeness was 00,00%, in cycle I students’ completeness was 33,33%, in cycle II students’ completeness was 83,33%, and in cycle III students’ completeness was 100%. Key words: appreciation, segata, suggestopedia. ABSTRAK B. LAMPUNG Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam mengapresiasi segata. Metode suggestopedia dipilih sebagai alternative untuk meningkatkan kemampuan siswa mengapresiasi segata dalam pembelajaran bahasa Lampung. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran segata dengan menggunakan metode suggestopedia, (2) pelaksanaan pembelajaran segata melalui metode suggestopedia, (3) hasil pembelajaran segata sebelum dan sesudah menggunakan metode suggestopedia (4) peningkatan apresiasi segata melalui metode suggestopedia. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Data dikumpulkan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Prosedur penelitian dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII H SMP Negeri 31 Bandar Lampung tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 30 siswa, terdiri atas 17 siswa putri dan 13 siswa putra. Analisis data yang digunakan adalah analiasis data deskriptif kualitatif melalui observasi dan analisis data kuantitatif melalui tes unjuk kerja melantunkan segata. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan penyempurnaan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) melalui metode suggestopedia yaitu guru membawa imajinasi siswa dalam sebuah konser segata Lampung, dan pada proses penilaian siswa melantunkan segata dengan diiringi musik klasik Lampung. Pada Pelaksanaan pembelajaran segata sebelum menggunakan metode suggestopedia siswa tidak memiliki rasa percaya diri dalam melantunkan segata, setelah menggunakan metode suggestopedia siswa lebih percaya diri dalam melantunkan segata. Hasil pembelajaran segata juga mengalami peningkatan yaitu pada prasiklus rata-rata 52,83, sedangkan siklus III 85,66. Peningkatan kemampuan apresiasi segata melalui metode suggestopedia yaitu dari prasiklus ketuntasan siswa 00,00%, siklus III 100%. Kata kunci: apresiasi, segata dan suggestopedia.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Daerah
Pengguna Deposit: 47438468 . Digilib
Date Deposited: 17 Oct 2017 08:14
Terakhir diubah: 17 Oct 2017 08:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28601

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir