PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 10 METRO TIMUR

MILATUS SOLIKHAH, 1313053101 (2017) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 10 METRO TIMUR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (933Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (932Kb)

Abstrak

Masalah yang timbul dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 10 Metro Timur adalah rendahnya hasil belajar siswa pada kelas VA dengan nilai rata-rata sebesar 63 dan pada kelas VB dengan nilai ratarata sebesar 61,50. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran inquiry dan model pembelajaran discovery dengan tujuan untuk melihat perbandingan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian eksperimen model komparatif (perbandingan) dua kelompok sampel. Adapun instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa soal pilihan jamak sebanyak 20 butir dalam bentuk pretest dan posttest. Hasil uji hipotesis menggunakan nilai posttest menunjukan bahwa Ho di tolak, dengan nilai rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen 1 dan kelas eksperiemen 2 menunjukkan selisih sebesar 0,14. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas inquiry dan kelas discovery. Kata Kunci: Inquiry, Discovery, Hasil Belajar

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: 30971994 . Digilib
Date Deposited: 19 Oct 2017 06:53
Last Modified: 19 Oct 2017 06:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28697

Actions (login required)

View Item View Item