PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 1 GONDANGREJO

WISNU DWI SAPUTRA , 1313053168 (2017) PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 1 GONDANGREJO. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (845Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (844Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Gondangrejo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 1 Gondangrejo. Metode dalam penelitian ini adalah quasi eksperimental design, dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan rancangan eksperimen non-equivalent group design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal pretest dan posttest, yang kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data kuantitatif. Analisis data menggunakan uji homogenitas dan hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Gondangrejo. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VB sebagai kelas eksperimen dan kelas VA sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan program statistik SPSS 20. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan program statistik SPSS 20 diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,03, (0,03<0,05), sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Dari perhitungan tersebut dapat diperoleh bahwa pendekatan kontekstual dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Kata kunci: hasil belajar, IPS, pendekatan kontekstual.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 83091619 . Digilib
Date Deposited: 26 Oct 2017 04:25
Terakhir diubah: 26 Oct 2017 04:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28934

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir