PENYELESAIAN PERMAINAN CHALLENGER PUZZLE, LATTICE PUZZLE, DAN SUDOKU DENGAN INTEGER LINEAR PROGAMMING MENGGUNAKAN GNU LINEAR PROGRAMMING KIT (GLPK)

Hanifah Sherliana, 1317031038 (2017) PENYELESAIAN PERMAINAN CHALLENGER PUZZLE, LATTICE PUZZLE, DAN SUDOKU DENGAN INTEGER LINEAR PROGAMMING MENGGUNAKAN GNU LINEAR PROGRAMMING KIT (GLPK). FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (723Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2079Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memformulasikan beberapa permainan Mathematical Puzzle antara lain Challenger Puzzle, Lattice Puzzle, dan Sudoku dengan Integer Linear Programming dan menyelesaikannya menggunakan GNU Linear Programming Kit (GLPK). Matematika merupakan alat yang digunakan untuk menyederhanakan masalah dalam kehidupan sehari-hari, namun sering kali dianggap sulit dan membosankan, sehingga banyak masyarakat yang tidak tertarik untuk mempelajarinya. Oleh karena itu dibutuhkan media pembelajaran matematika, salah satunya adalah media puzzle atau media dalam bentuk teka-teki. Penyederhanaan masalah ini dapat diselesaikan dengan bantuan beberapa software, salah satunya adalah software GLPK. Permainan Challenger Puzzle, Lattice Puzzle, dan Sudoku yang merupakan beberapa contoh dari permainan Mathematical Puzzle dapat diformulasikan dengan Integer Linear Programming dan dapat diselesaikan menggunakan bantuan software GLPK versi 4.61. Kata Kunci: Program Linear, Challenger Puzzle, Lattice Puzzle, Sudoku ABSTRACT The purpose of this research is to formulate some mathematical puzzle games such as Challenger Puzzle, Lattice Puzzle, and Sudoku with Integer Linear Programming and solve them using GNU Linear Programming Kit (GLPK). Mathematics is a tool used to simplify problems in everyday life, but it is often considered difficult and boring, so many people are not interested in learning it. Therefore by using media to learn mathematic such as puzzle, mathematics become more interesting. In order to solve those puzzles, we use integer linear programming to formulate it and then use GLPK version 4.61 to solve the problem. Keyword : Linear Programming, Challenger Puzzle, Lattice Puzzle, Sudoku

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > QA Mathematics
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Matematika
Pengguna Deposit: 70821562 . Digilib
Date Deposited: 20 Nov 2017 04:49
Terakhir diubah: 20 Nov 2017 04:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29057

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir