KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN TARI BEDANA UNTUK ANAK TUNAGRAHITA DI SBL NEGERI METRO

DWI DESI LUTFIAH, 1313043013 (2017) KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN TARI BEDANA UNTUK ANAK TUNAGRAHITA DI SBL NEGERI METRO. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3231Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2312Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Proses pembelajaran yang diterapkan guru pada anak normal. Tentunya berbeda dengan proses pembelajaran untuk anak tunagrahita, dan dengan kelemahannya dalam pembelajaran menjadi hal yang menarik untuk diteliti. Bagaimana proses pembelajaran untuk anak tunagrahita di SLB Negeri Metro. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran dan hasil tari bedana untuk siswa tunagrahita di SLB Negeri Metro. Dalam penelitian menggunakan teori pembelajaran humanistik. Desain penelitian ini adalah menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yaitu guru dan 3 peserta didik Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Istrument penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan aktivitas siswa, catatan lapangan dan evaluasi. Analisis data meliputi reduksi, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Metode yang digunakan tidak hanya demonstrasi tetapi juga ada metode bermain, hadiah dan guru selalu memuji siswanya. Saat peragaan ragam guru tidak hanya menggunakan hitungan tetapi menggunakan aba-aba anggota tubuh apa yang harus digerakkan sehingga mempermudah siswanya. Guru dalam mengevaluasi menggunakan penilain dari beberapa aspek yaitu: (1) Aspek Kegiatan Visual, (2) Mendengarkan, (3) Mental, (4) emosional pada waktu melakukan praktek. Kata kunci : Pembelajaran, Siswa Tunagrahita, Tari Bedana. abstract The problem in this research is how far learning with Bedana dance for mentaly disabled student in SLB Negeri Metro and benefit for mentaly disabled student in SLB Negeri Metro after dance activity. The purpose of this research is to describe and know impact learning with Bedana dance for mentaly disable student in SLB Negeri Metro. In this research, the researcher use humanistic learning teoru. This research use observation, interview, and documentation for data collection technique. Research instrumen is teacher activity observation sheet, freid notes, evaluation. The result of dance learning process in learning dance activity in SLB Negeri Metro is the purpose, materials, method, media and evaluation. Some impacts for mentaly disabled student after learning dance is (1) change psikology for mentaly disabled student like mentaly disabled student is angst become mentaly disabled student who can control their emotion. Mentaly disabled student who have shy emotion become brave in their communication (2) change phisycal ability for mentaly disabled student, excample mentaly disabled student ar afraid when they squat because they ever have pain on their knee become the mentaly disabled student who brave to squat. Key word : Learning, Bedana dance, The mentaly disabled student.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari
Pengguna Deposit: 53167816 . Digilib
Date Deposited: 07 Dec 2017 06:34
Terakhir diubah: 07 Dec 2017 06:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29176

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir