SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RAPOR SISWA SMA AL-KAUTSAR BANDAR LAMPUNG

MUHAMMAD HARRY HARYONO, 1017132034 (2017) SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RAPOR SISWA SMA AL-KAUTSAR BANDAR LAMPUNG. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (162Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2805Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5Mb)

Abstrak

SMA Al-Kautsar yang berada di bawah Yayasan Al-Kautsar menerapkan sistem pendidikan yang ditentukan pemerintah dengan mengedepankan pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab. Seperti sekolah pada umumnya, siswa medapatkan rapor hasil nilai belajar di setiap akhir semester. Pemberian nilai dilakukan oleh guru yang bertanggung jawab pada tiap mata pelajaran dan kelas yang diajar. Nilai siswa tersebut diserahkan ke wali kelas untuk disusun sedemikia rupa sesuai dengan format rapor. Kemudian wali kelas menyerahkan nilai tersebut ke admin untuk dicetak menjadi rapor. Dengan sistem seperti ini jika terjadi kesalahan nilai pada file yang telah diterima admin, admin tidak dapat segera menangani kesalahan tersebut dan harus menghubungi wali kelas atau bahkan guru pengajar untuk memperbaiki kesalahan nilai tersebut sebelum diserahkan kembali kepada wali kelas dan admin. Bedasarkan latar belakang dan identifikasi masalah yang telah dipaparkan, penelitian ini membuat suatu sistem yang dapat menangani masalah tersebut. Sistem dibuat berbasis web agar data nilai yang diisi guru pengajar dapat langsung dilihat dan diterima oleh admin dan wali kelas. Sehingga nilai dapat diawasi oleh wali kelas dan perubahan nilai dapat dilakukan kapanpun sebelum akhir semester. Hasil pengujian sistem fitur email rapor ke orang tua siswa tidak berhasil namun fitur utama sistem seperti pengisian nilai oleh guru dan wali kelas serta pencetakan rapor ke dalam format pdf berhasil berjalan dengan baik. Kata Kunci : SMA Al-Kautsar, Sistem Informasi, Rapor Nilai Siswa, Sistem Berbasis Web abstract Al-Kautsar High School, under the Al-Kautsar Foundation implements a system of government-determined education by emphasize the education of Islam and Arabic. Like any school in general, students get a value-added report card at the end of each semester. Scoring is done by the teacher who is responsible for each subject and class being taught. The score of the student is submitted to the homeroom teacher to be arranged in such a way according to the report card format. Then the homeroom teacher handed the value to the admin to be printed into a report card. With a system like this if a mistake occurs on a file that the admin has received, the admin cannot immediately handle the mistake and should contact the homeroom teacher or even the responsible teacher to correct the mistake before being handed again back to homeroom teacher and admin. Based on the background and identification of the problems that have been presented, this research creates a system that can handle the problem. The system is web-based so that the score data filled by the teacher can be directly viewed and accepted by the admin and homeroom teacher. The score can be supervised by the homeroom teacher and the change of score can be done at any time before the end of the semester. The test results that email report card system to the parents of the students did not succeed but the main features of the system such as the filling of grades by teachers and homeroom teacher and printing report cards into pdf format works well. Keyword: Al-Kautsar Highschool, Information System, Student Grade Report, Web Based System

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Q Science (General) > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science (General) > QA Mathematics > QA76 Computer software
Program Studi: Fakultas MIPA > Prodi Ilmu Komputer
Depositing User: 82926205 . Digilib
Date Deposited: 14 Dec 2017 07:50
Last Modified: 14 Dec 2017 07:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29264

Actions (login required)

View Item View Item