PENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)

TIUR MAULIATY NAHAMPUN, 1513069062 (2017) PENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD). UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1204Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1204Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini rendahnya aktivitas dan hasil belajar Matematika kelas IV. Peneliti melaksanakan perbaikan pembelajaran dengan tujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisons (STAD). Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat tahapan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan dua kali pertemuan tiap siklusnya. Alat pengumpul data adalah dengan lembar observasi dan tes. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika melalui model pembelajaraan kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisons (STAD) dari siklus ke siklus. Peningkatan aktivitas klasikal siswa pada siklus I rata-rata sebesar 58,14 dengan persentase jumlah siswa aktif 37,50% (kurang aktif), dan pada siklus II rata-rata sebesar 71,50 dengan persentase 83,33% (sangat aktif). sementara ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 62,50% dengan nilai rata-rata 60,00 dan pada siklus II sebesar 87,50% dengan nilai rata-rata 71,17. Kata kunci : Aktivitas, hasil belajar, Student Teams Achievement Divisions (STAD)

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 33278639 . Digilib
Date Deposited: 18 Dec 2017 06:41
Terakhir diubah: 18 Dec 2017 06:41
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29318

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir