CITRA TIGA PASANGAN CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR DALAM MASA KAMPANYE PILKADA DKI JAKARTA 2017 PUTARAN PERTAMA (Analisis Framing Pada Media Online Detik.Com Periode 5-11 Februari 2017)

Nur Indah Sari, 1316031055 (2017) CITRA TIGA PASANGAN CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR DALAM MASA KAMPANYE PILKADA DKI JAKARTA 2017 PUTARAN PERTAMA (Analisis Framing Pada Media Online Detik.Com Periode 5-11 Februari 2017). UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (4Mb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Kampanye Pilkada DKI Jakarta 2017 merupakan salah satu topik yang ramai diberitakan oleh media online. Pemberitaan di media online tidak lepas dari berbagai kepentingan media.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana framing yang dilakukan media online detik.com dalam memberitakan citra tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur dalam masa kampanye pilkada DKI Jakarta 2017 putaran pertama periode 5-11 Februari 2017. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis dengan pendekatan kualitatif melalui metode analisis framing Zhondang Pan & Gerald M. Kosicki. Melalui sampel artikel berita sebanyak 26 artikel dari masing-masing ketiga pasangan, kemudian dianalisis menggunakan 4 struktur analisis framing Zhondang Pan dan Gerald M. Ksoicki. Empat sruktur tersebut yakni sintaksis, skrip, tematik serta retoris. Hasil penelitian ini menunjukkan media online detik.com menampilkan pemberitaan Agus-Sylvi cenderung lebih menonjolkan citra negatif, pemberitaan Ahok-Djarot cenderung netral, sedangkan pemberitaan Anies-Sandi cenderung lebih positif. Kata Kunci : Analisis Framing, Media Online, Kampanye, Pilkada DKI Jakarta abstract The DKI Jakarta Gubernatorial Election 2017 is one of the topics that is reported by online media. News coverage in online media can not be separated from various media interests. This study was conducted to determine how the framing of online media detik.com in reporting the image of three pairs of candidates for governor and vice governor in the first round of election campaign of DKI Jakarta 2017 on 5-11 February 2017. This study uses constructivist paradigm with qualitative approach through framing analysis method of Zhondang Pan & Gerald M. Kosicki. Through a sample of news articles as many as 26 from each of the three pairs, analyzed using 4 framing analysis structures of Zhondang Pan and Gerald M. Ksoicki. The four structures are schematic, script, thematic, and rhetorical. The results of this study shows online media detik.com displaying the news of Agus-Sylvi tends to emphasize the negative image, the news of Ahok-Djarot tend to be neutral, while the Anies-Sandi news tends to be more positive. Keywords: Framing Analysis, Online Media, Campaign, Jakarta Gubernatorial Election

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
> HE Transportation and Communications
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: 92946664 . Digilib
Date Deposited: 21 Dec 2017 07:21
Terakhir diubah: 21 Dec 2017 07:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29345

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir