PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV.C SD NEGERI 2 PERUMNAS WAY HALIM TAHUN PELAJARAN 2017/2018

HAMIDAH , 1513069027 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV.C SD NEGERI 2 PERUMNAS WAY HALIM TAHUN PELAJARAN 2017/2018. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1394Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1133Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV.C SD Negeri 2 Perumnas Way Halim tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan tahap: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa: instrumen aktivitas belajar siswa, sikap dan keterampilan siswa, instrumen penilaian kinerja guru dan test. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan analisis kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata persentase aktivitas siswa pada siklus I (54%) dan siklus II (75%). Sementara itu rata-rata hasil belajar siswa pada aspek sikap pada siklus I (64,29%) dan siklus II (82%). Selain itu rata-rata keterampilan siswa pada siklus I (57,14%) dan siklus II (78,57%). Persentase ketuntasan kognitif siswa secara klasikal siklus I (68%) dan siklus II (85%). Kata Kunci : Aktivitas belajar, hasil belajar, dan STAD

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 88001023 . Digilib
Date Deposited: 20 Dec 2017 04:47
Terakhir diubah: 20 Dec 2017 04:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29352

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir