PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI DI MA DAARUL MA’ARIF BANJAR NEGERI NATAR TAHUN AJARAN 2016/2017

OKTRIYANI , 1313034070 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI DI MA DAARUL MA’ARIF BANJAR NEGERI NATAR TAHUN AJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRACT (ABSTRAK).pdf

Download (13Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1529Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1530Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X A dan XI IPS A, (2) pengaruh gaya belajar (visual, auditori, kinestetik) terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X A dan XI IPS A, (3) pengaruh antara model pembelajaran berbasis masalah dan gaya belajar (visual, auditori, kinestetik) terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X A dan XI IPS A di MA Daarul Ma’arif Banjar Negeri Natar Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian regresi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X A dan XI IPS A yang dipilih dengan teknik Probability Cluster Random Sampling dan teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X A dan XI IPS A, ada pengaruh gaya belajar (visual, auditori, kinestetik) terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X A dan XI IPS A, serta ada pengaruh antara model pembelajaran berbasis masalah dan gaya belajar (visual, auditori, kinestetik) terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X A dan XI IPS A di MA Daarul Ma’arif Banjar Negeri Natar Tahun Ajaran 2016/2017. Kata Kunci: model pembelajaran berbasis masalah, gaya belajar, dan hasil belajar geografi. abstarct The research was aimed at finding out (1) the effect of problem-based learning model the students learning achievement of geography at class X A and XI social A, (2) the effect learning style (visual, auditory, kinesthetic) the students’ learning achievement of geography at class X A and XI social A, (3) the effect between of problem-based learning model and learning style (visual, auditory, kinesthetic) the students’ learning achievement of geography the student of class X A and XI social A at MA Daarul Ma’arif Banjar Negeri Natar in 2016/2017 academic year. This research used survey method with the quantitative approach and research design regression. The sample of this result was students of class X A and XI social A chosen with the technique probability cluster random sampling and the data analysis tecnique used is linier regression analysis. The results showed that there is an effect of problem-based learning model the students learning achievement of geography at class X A and XI social A, there is an effect learning style (visual, auditory, kinesthetic) the students’ learning achievement of geography at class X A and XI social A, and there is an effect between of problem-based learning model and learning style (visual, auditory, kinesthetic) the students’ learning achievement of geography the student of class X A and XI social A at MA Daarul Ma’arif Banjar Negeri Natar in 2016/2017 academic year. Keywords: problem-based learning model, learning style, and learning geography achievement.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS
Pengguna Deposit: 04709313 . Digilib
Date Deposited: 22 Dec 2017 06:21
Terakhir diubah: 22 Dec 2017 06:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29451

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir