Tio Yolanda, 0813052047 (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI DI SEKOLAH MENGGUNAKAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH I GISTING TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Universitas Lampung, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
|
File PDF
2.ABSTRAK.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. COVER DALAM.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (158Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (144Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. PERNYATAAN.pdf Download (108Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (178Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (245Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (233Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (152Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (9Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan penyesuaian diri di sekolah rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan penyesuaian diri di sekolah dapat ditingkatkan menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah I Gisting Kabupaten Tanggamus. Metode yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan desain one group pretest-posttest, dianalisis dengan statistik non parametrik menggunakan uji t. Subyek penelitian ini tiga puluh orang siswa kelas VII SMP Muhammadiyah I Gisting. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan penyesuaian diri mengalami peningkatan signifikan setelah pemberian bimbingan kelompok teknik Sosiodrama.Hal ini dilihat dari skor pretest dan posttest kemampuan penyesuaian diri yang diperoleh t hitung = 15,87 dan t tabel = 1,679. Karena t hitung > t tabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan yang signifikan dengan taraf signifikansi 5% antara skor kemampuan penyesuaian diri di sekolah sebelum dan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama kepada subyek penelitian. Kesimpulan dalam penelitian ini, kemampuan penyesuaian diri di sekolah ditingkatkan menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah I Gisting Tahun Pelajaran 2013/2014. Saran yang diberikan yaitu (1) Siswa dapat mengikuti kegiatan sosiodrama untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian diri, (2) Guru pembimbing dapat mengadakan kegiatan bimbingan kelompok teknik sosiodrama untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian diri siswa, (3)Para peneliti dapat melakukan penelitian dengan menggunakan layanan yang sama tetapi dengan masalah dan subyek yang berbeda. Kata Kunci : bimbingan dan konseling, penyesuaian diri, sosiodrama,
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > Karya Karya Umum = 000 |
Program Studi: | FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Pengguna Deposit: | 538883 . Digilib |
Date Deposited: | 22 Aug 2014 02:22 |
Terakhir diubah: | 22 Aug 2014 02:22 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/2947 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |