PENINGKATAN KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI DI SEKOLAH MENGGUNAKAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH I GISTING TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Tio Yolanda, 0813052047 (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI DI SEKOLAH MENGGUNAKAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH I GISTING TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Universitas Lampung, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
File PDF
2.ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. COVER DALAM.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (158Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (144Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. PERNYATAAN.pdf

Download (108Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (178Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (245Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (233Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (152Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan penyesuaian diri di sekolah rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan penyesuaian diri di sekolah dapat ditingkatkan menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah I Gisting Kabupaten Tanggamus. Metode yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan desain one group pretest-posttest, dianalisis dengan statistik non parametrik menggunakan uji t. Subyek penelitian ini tiga puluh orang siswa kelas VII SMP Muhammadiyah I Gisting. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan penyesuaian diri mengalami peningkatan signifikan setelah pemberian bimbingan kelompok teknik Sosiodrama.Hal ini dilihat dari skor pretest dan posttest kemampuan penyesuaian diri yang diperoleh t hitung = 15,87 dan t tabel = 1,679. Karena t hitung > t tabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan yang signifikan dengan taraf signifikansi 5% antara skor kemampuan penyesuaian diri di sekolah sebelum dan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama kepada subyek penelitian. Kesimpulan dalam penelitian ini, kemampuan penyesuaian diri di sekolah ditingkatkan menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah I Gisting Tahun Pelajaran 2013/2014. Saran yang diberikan yaitu (1) Siswa dapat mengikuti kegiatan sosiodrama untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian diri, (2) Guru pembimbing dapat mengadakan kegiatan bimbingan kelompok teknik sosiodrama untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian diri siswa, (3)Para peneliti dapat melakukan penelitian dengan menggunakan layanan yang sama tetapi dengan masalah dan subyek yang berbeda. Kata Kunci : bimbingan dan konseling, penyesuaian diri, sosiodrama,

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Karya Karya Umum = 000
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: 538883 . Digilib
Date Deposited: 22 Aug 2014 02:22
Terakhir diubah: 22 Aug 2014 02:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/2947

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir