HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 5 MERAK BATIN KECAMATAN NATAR LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Indra Arif Nugraha, 1343053019 (2017) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 5 MERAK BATIN KECAMATAN NATAR LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1266Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1147Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah penelitian ini adalah Rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS yang disebabkan siswa belum memiliki dorongan dan kebutuhan dalam belajar, kurangnya hasrat dan keinginan untuk berhasil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri 5 Merak Batin Kecamatan Natar Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2016/2017. Pengambilan yang digunakan adalah teknik sampling purposive. Variabel bebas adalah motivasi belajar (X) sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPS (Y). Pengambilan data penelitian menggunakan kuesioner dan tes. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi serial dengan bantuan microsoft office excel 2007. Hasil penelitian diperoleh nilai dengan koefisien korelasi sebesar 0,474 yang berarti korelasi tersebut positif. Hasil korelasi serial dari kuesioner diperoleh Nilai Koefisien sebesar 0,801. Persentase koefisien determinasi menunjukkan hasil 22,46% yang berarti variabel X (motivasi belajar) memberikan kontribusi terhadap variabel Y (hasil belajar) sebesar 22,46%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri 5 Merak Batin Kecamatan Natar Lampung Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2016/2017 Kata kunci: motivasi belajar, hasil belajar, dan IPS.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 20015216 . Digilib
Date Deposited: 27 Dec 2017 04:17
Terakhir diubah: 27 Dec 2017 04:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29476

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir