EFEKTIVITAS LKS BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DITINJAU DARI GENDER SISWA

NANDHA ERVINA, 1313023053 (2017) EFEKTIVITAS LKS BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DITINJAU DARI GENDER SISWA. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1562Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1334Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektifitas LKS berbasis discovery learning pada materi larutan penyangga untuk meningkatkan KPS ditinjau dari gender siswa. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuasi ek-sperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung semester genap TP. 2016-2017. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan kelas XI IPA 2 dan XI IPA 4 sebagai sampel penelitian. Analisis data menggunakan analisis statistik ANOVA dua jalur (two ways ANOVA), uji t’ dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan LKS berbasis discovery learning efektif dalam meningkatkan KPS siswa pada materi larutan penyangga. Pada uji ANOVA dua jalur (two ways ANOVA) diperoleh nilai sig. pada interaksi LKS*gender sebesar 0,477 berarti tidak interaksi antara peng¬gunaan LKS dengan gender terhadap KPS siswa. Hasil uji perbedaan dua rata-rata menunjukkan bahwa rata-rata n-gain KPS siswa laki-laki dan siswa perem¬puan pada pembelajaran dengan menggunakan LKS berbasis discovery learning lebih tinggi daripada pem¬belajaran dengan menggunakan LKS konvensional pada materi larutan penyangga. Pada pembelajaran dengan menggunakan LKS ber¬basis discovery learning, rata-rata n-gain KPS siswa laki-laki lebih rendah dari¬pada rata-rata n-gain KPS siswa perempuan. Hal ini menunjukkan bahwa LKS berbasis discovery learning efektif pada materi larutan penyangga dalam meningkatkan KPS ditinjau dari gender siswa. Kata Kunci: gender, larutan penyangga, keterampilan proses sains, LKS

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> QD Chemistry
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 89617855 . Digilib
Date Deposited: 27 Dec 2017 08:03
Terakhir diubah: 27 Dec 2017 08:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29481

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir