CAMPUR KODE PADA STATUS FACEBOOK MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA KELAS A ANGKATAN 2013 UNIVERSITAS LAMPUNG DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN DI SMA

Eka Susanti, 1313041021 (2017) CAMPUR KODE PADA STATUS FACEBOOK MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA KELAS A ANGKATAN 2013 UNIVERSITAS LAMPUNG DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN DI SMA. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (704Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (559Kb) | Preview

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah campur kode pada status facebook mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indoneisa Kelas A Angkatan 2013 dan implikasinya dalam pembelajaran bahasa Indonesia SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan campur kode pada status facebook mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas A Angkatan 2013 dan implikasinya dalam pembelajaran bahasa Indonesia SMA. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data penelitiannya berupa status facebook mahasiswa Universitas Lampung Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Angkatan 2013 kelas A yang mengandung campur kode. Peneliti menganalisis data berdasarkan jenis peristiwa campur kode dan faktor penyebab terjadinya campur kode. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa campur kode yang terdapat dalam status facebook mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia angkatan 2013 kelas A tahun 2016 berupa kata, frasa, baster, ungkapan, dan klausa. Campur kode yang terdapat dalam status facebook mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia angkatan 2013 kelas A tahun 2016 disebabkan oleh faktor sikap penutur dan kebahasaan. Implikasi dari penelitian ini terdapat dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas XI SMA semester genap pada KD 4.6 Mengonstruksiceramah tentang permasalahan aktual dengan memerhatikan aspek kebahasaan dan menggunakan struktur yang tepat. Kata kunci: Campur Kode, Status facebook, Implikasi

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: 58707782 . Digilib
Date Deposited: 27 Dec 2017 08:52
Last Modified: 27 Dec 2017 08:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29495

Actions (login required)

View Item View Item