Sri Rahayu Wulandari, 0853024049 (2014) Pengaruh Penggunaan Metode Diskusi Dengan Media Gambar Terhadap Akativitas Belajar dan Penguasaan Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Pada Makhluk Hidup. FKIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (98Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (155Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (146Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERNYATAAN.pdf Download (144Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (163Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (42Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (224Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (62Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (170Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (201Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (427Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (770Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (86Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
The objective of this research was to know the influence of discussion method with pictures toward students’ learning activities and subject mastery. The research design was non equivalent pretest-posttest. Samples were students in the class VIII.B and VIII.E that were selected by cluster random sampling. This research data were in the form of quantitative and qualitative data. The quantitative data obtained from the average value of pretest, posttest, and N-gain, which were statistically analyzed using t-test by SPSS 17. The qualitative data obtained from students’ learning activities observation sheets. The results show that the students’ learning activities increased 8,76%. The material mastery also decrease by using t-test average was Lhit (0,117)< Ltab (0,157),. It means that using discussion method with pictures can impact the students’ activities and material mastery. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode diskusi dengan media gambar terhadap aktivitas dan penguasaan materi. Desain penelitian ini adalah pretes postes non-equivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII.B dan VIII.E yang dipilih secara cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain, yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t melalui program SPSS 17. Data kualitatif diperoleh dari lembar obsevasi aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 8,76%. Penguasaan materi mengalami penurunan dengan menggunakan uji-t yaitu Lhit (0,117)< Ltab (0,157), berarti diperoleh data tidak berdistribusi normal. Hal ini berarti, bahwa penggunaan metode diskusi dengan media gambar berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas. Namun, tidak berpengaruh terhadap penguasaan materi. Kata kunci : aktivitas belajar, media gambar, metode diskusi, penguasaan materi, pertumbuhan dan perkembangan
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > Karya Karya Umum = 000 |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 712950 . Digilib |
Date Deposited: | 22 Aug 2014 02:35 |
Terakhir diubah: | 22 Aug 2014 02:35 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/2957 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |