EFEKTIVITAS LKS BERBASIS KPS PADA MATERI ASAM-BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA SISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN

ADI ARISKA, 1313023003 (2017) EFEKTIVITAS LKS BERBASIS KPS PADA MATERI ASAM-BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA SISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1048Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1691Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya interaksi antara pembela-jaran menggunakan LKS dengan jenis kelamin terhadap KPS dan mendeskripsi-kan efektivitas LKS berbasis keterampilan proses sains (KPS) pada materi asam-basa dalam meningkatkan KPS pada siswa laki-laki dan perempuan. Metode dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA semester ganjil di SMA Negeri 16 Bandar Lampung tahun pelajaran 2016-2017. Teknik pengambil-an sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 6 sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data menggunakan analisis varians dua jalur (two ways ANOVA) dan uji perbedaan dua rata-rata. Berdasarkan hasil uji two ways ANOVA diperoleh nilai sig pada interaksi LKS*jenis kelamin sebesar 0,687 berarti tidak terdapat interaksi antara penggunaan LKS dengan jenis kelamin terhadap KPS siswa dan nilai sig pada efektivitas LKS sebesar 0,000 berarti LKS berbasis KPS efektif untuk meningkatkan KPS siswa. Hasil uji perbedaan dua rata-rata menunjukkan bahwa rata-rata n-gain KPS siswa laki-laki dan siswa perempuan pada pembela-jaran menggunakan LKS berbasis KPS lebih tinggi daripada LKS konvensional dan pada pembelajaran menggunakan LKS berbasis KPS, rata-rata n-gain KPS siswa laki-laki berbeda secara signifikan dengan siswa perempuan. Dapat disim-pulkan bahwa LKS berbasis KPS efektif dalam meningkatkan KPS siswa laki-laki dan perempuan pada materi asam-basa. Kata Kunci: jenis kelamin, asam-basa, keterampilan proses sains, LKS

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 84409347 . Digilib
Date Deposited: 02 Jan 2018 06:16
Terakhir diubah: 02 Jan 2018 06:16
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29595

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir