HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA TAHAP PREKLINIK FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG

ZAFIRA PRINGGOUTAMI , 1418011227 (2017) HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA TAHAP PREKLINIK FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG. FAKULTAS KEDOKTERAN , UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (INGGRIS & INDONESIA).pdf

Download (210Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1003Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN .pdf

Download (926Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Latar belakang: Pencapaian prestasi akademik dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan eksternal. Lingkungan belajar merupakan salah satu faktor eksternal yang memengaruhi pencapaian prestasi akademik. Lingkungan belajar yang kondusif dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa dan berpengaruh terhadap prestasi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi mahasiswa tentang lingkungan belajar terhadap motivasi belajar pada mahasiswa tahap preklinik Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Metode penelitian: Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini terdiri dari 248 mahasiswa tahap preklinik Fakultas Kedokteran Universitas Lampung yang ditentukan dengan proportional-random sampling. Penelitian ini menggunakan dua buah kuesioner yaitu Dundee Ready Educational Environment Measure (DREEM) dan Motivated Strategies of Learning Questionnaire (MSLQ). Analisis data menggunakan uji Spearman. Hasil penelitian: Hasil penelitian ini menunjukkan sebagian besar mahasiswa tahap preklinik Fakultas Kedokteran Universitas Lampung memiliki persepsi tentang lingkungan belajar yang cukup memuaskan (74,6%) dan motivasi belajar yang tinggi (98,8%). Berdasarkan analisis bivariat dengan uji Spearman didapatkan hubungan persepsi mahasiswa tentang lingkungan belajar terhadap motivasi belajar dengan nilai p <0,05. Kesimpulan: Terdapat hubungan bermakna antara persepsi mahasiswa tentang lingkungan belajar terhadap motivasi belajar pada mahasiswa tahap preklinik Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Kata kunci: DREEM,lingkungan belajar, MSLQ, motivasi belajar

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
> R Medicine (General)
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Pengguna Deposit: 68843147 . Digilib
Date Deposited: 24 Jan 2018 08:40
Terakhir diubah: 26 Jan 2018 07:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29899

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir