PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK DENGAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) UNTUK MENGEMBANGKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MENGATASI KECEMASAN MATEMATIS (MATHEMATICS ANXIETY)

ARMALIA , 1523021012 (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK DENGAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) UNTUK MENGEMBANGKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MENGATASI KECEMASAN MATEMATIS (MATHEMATICS ANXIETY). Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (85Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1558Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1559Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kegiatan peserta didik dengan inkuiri terbimbing yang dapat mengembangkan pemahaman konsep peserta didik dan mengatasi kecemasan matematis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang diadaptasi dari model Thiagarajan (4-D) yang dimulai dari Define, Design, Develop. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII.2 SMP IT Baitun Nur Punggur Tahun Ajaran 2017/2018. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, dan tes kemampuan pemahaman konsep. Hasil uji kelayakan lembar kegiatan peserta didik secara keseluruhan memperoleh penilaian dari ahli materi, ahli desain dan Guru mata pelajaran dengan kriteria sangat layak. Perkembangan pemahaman konsep peserta didik yang difasilitasi dengan LKPD ini menunjukkan pencapaian keberhasilan indikator kemampuan pemahaman konsep peserta didik dengan rata-rata sebesar 80,18%. Tingkat kecemasan matematis peserta didik dalam pembelajaran matematika yang menggunakan LKPD dengan inkuiri terbimbing dari setiap pertemuan mengalami penurunan. Kesimpulan dari penelitian dan pengembangan ini adalah LKPD dengan inkuiri terbimbing dapat mengembangkan pemahaman konsep peserta didik dan mengatasi kecemasan matematis. Kata kunci: Inkuiri terbimbing, Kecemasan matematis, Lembar kegiatan peserta didik, Pemahaman konsep. abstract This research aimed to produce student activity sheets with guided inquiry to develop conceptual comprehension ability and to overcome mathematics anxiety. This research was a research and development (R&D) adapted from Thiagarajan (4-D) model starting from Define, Design, Develop. The subjects of this study ware the students of grade VII.2 SMP IT Baitun Nur Punggur academic year 2017/2018. Data research were obtained through observation, interviews, questionnaires, and test of concept understanding ability. The results of the feasibility test of the student activity sheets as a whole get the assessment of the material experts, design experts and subject teachers with very reasonable criteria. Development of the concept understanding ability of student which was facilitated by this student activity sheets resultshowed achievement indicator concept understanding ability of learners with average 80,18%. Mathematical anxiety level of learners in mathematics learning using LKPD with guided inquiry from each meeting decreased. The conclusion of this research and development is LKPD with guided inquiry can develop understanding of learners' concepts and overcome mathematical anxiety. Key word: Guided inquiry, Mathematics anxiety, Student activity sheets, Understand concepts.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan IPA
Pengguna Deposit: 93987170 . Digilib
Date Deposited: 24 Jan 2018 09:03
Terakhir diubah: 24 Jan 2018 09:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29901

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir