HUBUNGAN KEAKTIFAN BERORGANISASI DENGAN TINGKAT MANAJEMEN WAKTU DAN INDEKS PRESTASI KUMULATIF PADA MAHASISWA ANGKATAN TAHUN 2013 DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG

Hendra Efendi, 1218011069 (2017) HUBUNGAN KEAKTIFAN BERORGANISASI DENGAN TINGKAT MANAJEMEN WAKTU DAN INDEKS PRESTASI KUMULATIF PADA MAHASISWA ANGKATAN TAHUN 2013 DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG. Fakultas Kedokteran, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK (INGGRIS INDONESIA).pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2619Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (2620Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK HUBUNGAN KEAKTIFAN BERORGANISASI DENGAN TINGKAT MANAJEMEN WAKTU DAN INDEKS PRESTASI KUMULATIF PADA MAHASISWA ANGKATAN TAHUN 2013 DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG Oleh HENDRA EFENDI Latar Belakang: Mahasiswa memiliki peran sebagai agen perubahan untuk aktif dalam berorganisasi tanpa mengabaikan prestasi akademiknya. Prestasi akademik mahasiswa sering kali diukur dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Mahasiswa memerlukan keterampilan yang baik untuk membagi waktu antara kegiatan akademik dan kegiatan organisasinya. Tujuan: Kami melakukan penelitian untuk mengetahui hubungan keaktifan berorganisasi tersebut dengan tingkat manajemen waktu dan IPK pada mahasiswa angkatan tahun 2013 di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Metode: Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni 2016 di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung dengan metode observasional analitik dan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara consecutive sampling dan diperoleh 40 responden untuk masing-masing mahasiswa yang aktif dan tidak aktif berorganisasi. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji komparatif Chisquare dan uji korelatif Gamma. Hasil: Tingkat manajemen waktu berdasarkan keaktifan berorganisasi tidak menunjukkan perbedaan signifikan. Sementara itu, tingkat IPK berdasarkan keaktifan berorganisasi menunjukkan perbedaan signifikan dengan IPK yang lebih baik pada mahasiswa yang aktif berorganisasi. Tingkat manajemen waktu dengan tingkat IPK tidak menunjukkan hubungan yang signifikan. Kesimpulan: Dengan demikian, keikutsertaan organisasi mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung tidak akan menurunkan prestasi akademik, terutama dengan memperhatikan kemampuan manajemen waktu dan faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar. Kata kunci : fakultas kedokteran, indeks prestasi kumulatif, keaktifan berorganisasi, manajemen waktu

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Pengguna Deposit: 46293854 . Digilib
Date Deposited: 29 Jan 2018 06:29
Terakhir diubah: 29 Jan 2018 06:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29994

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir