EFEKTIVITAS E-BOOK INTERAKTIF BERBASIS REPRESENTASI KIMIA PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA

DWI JUWITA SARI, 1313023019 (2018) EFEKTIVITAS E-BOOK INTERAKTIF BERBASIS REPRESENTASI KIMIA PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1213Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1214Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan efektivitas e-book interaktif berbasis representasi kimia untuk meningkatkan pemahaman konsep pada siswa pada materi. Metode dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain the matching only pretest and posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Melinting semester genap tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 90 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling sehingga didapatkan kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-gain di kelas eksperimen sebesar 0,72 (kategori tinggi). Rata-rata nilai postes di kelas eksperimen sebesar 84,4 dan ratarata nilai postes di kelas kontrol sebesar 62,2. Hasil ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa di kelas eksperimen lebih tinggi daripada pemahaman Dwi Juwita Sari konsep siswa di kelas kontrol terlihat dari rata-rata n-gain yang berkategori “tinggi” di kelas eksperimen dan rata-rata nilai postes di kelas eksperimen dan kontrol berbeda secara signifikan. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan e-book interaktif berbasis representasi kimia efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa. Kata kunci: asam basa, e-book, pemahaman konsep

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 29850287 . Digilib
Date Deposited: 01 Feb 2018 04:10
Terakhir diubah: 01 Feb 2018 04:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30098

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir