ANA MARLINA, 1313041004 (2017) ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM FILM TOBA DREAMS DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (810Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (811Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah alih kode dan campur kode dalam film Toba Dreams dan implikasinya pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan faktor penyebab terjadinya alih kode dan campur kode dalam film Toba Dreams dan implikasinya pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data diambil dari film Toba Dreams. Datanya berupa percakapan yang mengandung alih kode dan campur kode antartokoh pada film Toba Dreams. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi nonpartisipasi yang dilanjutkan dengan teknik catat. Kajian alih kode dan campur kode meliputi bentuk dan faktor penyebab terjadinya alih kode dan campur kode. Berdasarkan hasil penelitian terdapat bentuk alih kode intern dan ekstern. Alih kode intern berlangsung dari bahasa Indonesia formal ke informal atau sebaliknya dan peralihan bahasa Batak ke bahasa Indonesia, sedangkan bentuk alih kode ekstern berlangsung dari peralihan bahasa Inggris ke Indonesia. Bentuk campur kode yang ditemukan dalam penelitian adalah bentuk kata, ungkapan, frase, perulangan kata, dan baster. Faktor penyebab terjadinya alih kode adalah penutur, lawan tutur, hadirnya orang ketiga, dan perubahan situasi. Faktor yang mempengaruhi terjadinya campur kode adalah latar belakang sikap penutur dan kebahasaan. Kaitannya dengan materi pembelajaran, alih kode dan campur kode yang terdapat dalam film Toba Dreams ini dapat digunakan sebagai alternatif dan contoh dalam bahan ajar khususnya mengenai Kompetensi Dasar (KD) 3.1 yakni, memahami struktur dan kaidah teks film atau drama, baik melalui lisan maupun tulisan dan (KD) 4.1 menginterpretasi makna teks film atau drama, baik secara lisan maupun tulisan. Kata Kunci: alih kode, campur kode, film Toba Dreams.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | 30293884 . Digilib |
Date Deposited: | 01 Feb 2018 06:20 |
Terakhir diubah: | 01 Feb 2018 06:20 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30108 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |