HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KELULUSAN UJIAN CBT UKMPPD MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG PERIODE NOVEMBER 2017

Yuwandita Tamara Putri D, 1418011226 (2018) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KELULUSAN UJIAN CBT UKMPPD MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG PERIODE NOVEMBER 2017. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEDOKTERAN.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (173Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2512Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBASAHAN.pdf

Download (2512Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Latar belakang: Proses belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah motivasi. Salah satu cara untuk menilai keberhasilan belajar adalah dengan melihat kelulusan dalam suatu ujian. Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) merupakan suatu bentuk standarisasi bagi mahasiswa pendidikan kedokteran yang menjadi syarat untuk menyelesaikan program profesi dan mendapatkan sertifikat profesi sehingga dianggap sangat penting. Terkadang kurangnya motivasi dalam belajar pada mahasiswa menyebabkan mereka gagal dalam ujian. Metode penelitian: Penelitian ini adalah penelitian cross-sectional yang menggunakan teknik total sampling. Responden merupakan mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung yang akan mengikuti ujian CBT UKMPPD sebanyak 97 orang, namun yang masuk kedalam kriteria inklusi hanya sebanyak 80 orang. Untuk mengukur motivasi belajar responden digunakan kuesioner MSLQ (Motivated Strategies for Learning Questionnaire) sehari sebelum ujian berlangsung. Analisis bivariat menggunakan metode Fisher. Hasil penelitian: Pada responden didapatkan motivasi rendah 0%, motivasi sedang 3,8%, dan motivasi tinggi 96,2%. Kelulusan responden didapatkan lulus sebanyak 85% dan tidak lulus sebanyak 15%. Pada uji Fisher didapatkan hubungan bermakna antara motivasi belajar dengan kelulusan ujian CBT UKMPPD dengan nilai p=0,003 (p<0,05). Kesimpulan: Terdapat hubungan antara motivasi belajar terhadap kelulusan ujian CBT UKMPPD mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung Periode November 2017. Kata kunci: kelulusan, motivasi belajar, UKMPPD.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > R Medicine (General)
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Pengguna Deposit: 34265346 . Digilib
Date Deposited: 09 Feb 2018 03:53
Terakhir diubah: 09 Feb 2018 03:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30279

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir