ABSTRAK PENGEMBANGAN RUBRIK PENILAIAN KETERAMPILAN PROSES SAINS

Putri Mike Anita, 0913022050 (2014) ABSTRAK PENGEMBANGAN RUBRIK PENILAIAN KETERAMPILAN PROSES SAINS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (60Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER LUAR.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (122Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (113Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (43Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (73Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (79Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53Kb) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTRA PUSTAKA.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (2432Kb) | Preview

Abstrak

Rubrik penilaian keterampilan proses sains merupakan salah satu instrumen penilaian ranah psikomotor dalam ruang lingkup evaluasi pembelajaran IPA. Namun, dalam praktiknya masih banyak guru yang belum melaksanakan penilaian keterampilan proses sains karena belum tersedianya instrumen tersebut di sekolah. Oleh karena itu, sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan guru dalam penilaian keterampilan proses sains pada pembelajaran IPA yang relevan sesuai dengan standar penilaian pendidikan, maka peneliti telah mengembangkan rubrik penilaian keterampilan proses sains. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat rubrik penilaian keterampilan proses sains. Penelitian ini telah dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2013/2014 di SMP Negeri 1 Bandar Lampung. Subjek uji coba adalah siswa kelas VIII4 SMP Negeri 1 Bandar Lampung sebanyak 25 siswa . Hasil yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan adalah rubrik penilaian keterampilan proses sains mempunyai tingkat kepercayaan yang baik dengan nilai koefisien reliabilitas sebesar 0,802 sehingga menunjukkan rubrik layak digunakan, rubrik penilaian yang dikembangkan memenuhi syarat kemanfaatan dengan skor 3,83 yang berkriteria sangat bermanfaat, rubrik penilaian yang dikembangkan memenuhi syarat kemudahan dengan skor 3,33 yang berkriteria mudah, dan rubrik penilaian yang dikembangkan juga memenuhi syarat kemenarikan dengan skor 3,00 yang berkriteria menarik. Pengukuran keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan rubrik penilaian keterampilan proses sains yang dikembangkan telah menunjukkan keterampilan proses sains siswa yang baik dengan hasil pengukuran yang diperoleh yaitu 56,00% siswa mencapai kategori keterampilan proses sains sangat baik, 20,00% siswa berkategori baik, dan 24,00% siswa dengan kategori cukup. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini adalah dihasilkan rubrik penilaian keterampilan proses sains siswa yang dapat membantu guru dalam melakukan penilaian ranah psikomotor pada pembelajaran IPA. Kata kunci: rubrik penilaian, keterampilan proses sains, pengembangan

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Fisika
Depositing User: 230340 . Digilib
Date Deposited: 23 Aug 2014 04:31
Last Modified: 23 Aug 2014 04:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/3049

Actions (login required)

View Item View Item