PENINGKATAN KEBERANIAN SISWA BERBICARA DALAM DISKUSI KELAS MENGGUNAKAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 NATAR TAHUN PELAJARAN 2017/2018

FERRY ADI RUSMANA, 1343052004 (2018) PENINGKATAN KEBERANIAN SISWA BERBICARA DALAM DISKUSI KELAS MENGGUNAKAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 NATAR TAHUN PELAJARAN 2017/2018. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2570Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2258Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah penelitian ini adalah rendahnya keberanian siswa berbicara dalam diskusi kelas. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui peningkatan keberanian siswa berbicara dalam diskusi kelas dengan teknik assertive training. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain pretest posttest design. Subjek penelitian sebanyak 20 siswa yang memiliki keberanian berbicara yang beragam. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keberanian berbicara dengan teknik assertive training, hal ini ditunjukkan dari peningkatan keberanian berbicara sebesar 27,35% dan hasil analisis data dengan menggunakan paired sample t-test, diperoleh thitung > ttabel (16.522 > 2,086) maka, H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat peningkatan keberanian berbicara dalam diskusi kelas dengan teknik assertive training. Kata kunci : assertive training, konseling kelompok, keberanian berbicara. abstract The problem of this research is the courageousness of students to speak in a class discussion. The purpose of this research is to find out the improvement of students' courage to speak in class discussion using assertive training technique. This research used quasi experimental method with pretest posttest design. The subjects of this research were 20 students with different willingness to speak. Observation technique was used to collect the data. Data analysis technique used in this research was paired sample t-test. The result of the research shows that there is an improvement of speaking courageousness using assertive training technique, it is shown from the improvement of speaking courage 27,35% and result of data analysis using paired sample t-test, obtained t count > t table (16.522 > 2.086) then, H0 is rejected and Ha is accepted, which means that there is an improvement in the courageousness to speak in a class discussions using assertive training techniques. Keywords: assertive training, group counseling, courageousness to speak.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Psikologi (General)
> > Psikologi (General)

> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: 89383974 . Digilib
Date Deposited: 23 Feb 2018 07:19
Terakhir diubah: 23 Feb 2018 07:19
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30534

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir