ZEVI OCTASARI , 1313024097 (2018) PENGEMBANGAN BUKU PENUNTUN PRAKTIKUM PENCEMARAN LINGKUNGAN DENGAN MODEL ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY (ADI) UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VII DI KOTA BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENGETAHUAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1621Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1622Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku penuntun praktikum pencemaran lingkungan dengan model Argument-Drivent Inquiry (ADI) yang valid dan praktis untuk digunakan siswa SMP/MTs Kelas VII di Kota Bandar Lampung. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R and D) menggunakan model pengembangan Four D (4-D) yang dikemukakan oleh Thiagarajan, dkk. terdiri atas 4 tahap yaitu (define), (design), (develop),dan (disseminate), penelitian ini dilakukan sampai pada tahap pengembangan (develop). Teknik pengumpulan data tahap develop menggunakan angket untuk mengetahui validasi ahli dan praktisi, keterbacaan respon siswa, lembar optimasi dan observasi keterlaksanaan. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penuntun praktikum pencemaran lingkungan buku penuntun praktikum dikembangkan dengan inovasi berupa penyesuaian bagian-bagian lembar kerja dengan komponen argumentasi ilmiah. Hasil kondisi iii optimum di Laboratorium Pendidikan Biologi FKIP Universitas Lampung telah optimal dengan kondisi alat dan bahan serta langkah kerja dioptimalkan sesuai dengan jumlah waktu pada jam mata pelajaran IPA, sehingga buku penuntun praktikum dapat diimplementasikan ke sekolah. Sementara, hasil optimasi prosedur praktikum yang dilakukan di Laboratorium dan hasil lembar optimasi siswa mendapatkan nilai 3 dan 4 yang terdiri dari klaim, data, penjamin dan pendukung penjamin. Hasil penilaian validasi ahli menunjukkan bahwa valid dengan kategori “Baik Sekali”, mempunyai skor keidealan (89%). Sedangkan hasil uji validasi praktisi menunjukkan bahwa valid dengan kategori “Baik Sekali”, mempunyai skor keidealan (96%). Hasil respon siswa terhadap buku penuntun praktikum menunjukkan bahwa praktis dengan kategori “Baik Sekali” (99%). Hasil uji keterlaksanaan menunjukkan bahwa praktis dengan kriteria “Hampir Seluruh Kegiatan Tercapai” (95%). Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa buku penuntun praktikum pencemaran lingkungan dengan model ADI yang dikembangkan valid dan praktis digunakan untuk guru dan siswa. Kata kunci: Argument-Drivent Inquiry (ADI), buku penuntun praktikum, pencemaran lingkungan, pengembangan
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 90035880 . Digilib |
Date Deposited: | 27 Feb 2018 05:04 |
Terakhir diubah: | 27 Feb 2018 05:04 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30621 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |