IMPLIKASI MODAL INTELEKTUAL, PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PERBANKAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Perbankan yang Listing di BEI Periode 2014-2016)

ADE FADILAH, 1416051001 (2018) IMPLIKASI MODAL INTELEKTUAL, PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PERBANKAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Perbankan yang Listing di BEI Periode 2014-2016). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (1238Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (925Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (791Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRACT This Study aimed to determine the implication of intellectual capital and intellectual capital disclosure on banking firm value listed in Indonesian Stock Exchange periode 2014-2016. The type of this research is explanatory research with quantitative method. The research samples were selected by using purposive sampling method with the number of samples amounted 14 banks of 43 populations as banking companies, collecting data by documenting the annual report and also the books which related to this research. The data analysis technique used descriptive statistics and multiple regression analysis with panel data approach for the analysis of the data processed by the program Eviews 9.0. the results of this study indicate that intellectual capital and intellectual capital disclosure controlled by the firm size partially have significant and positive influence on banking firm value. The control variabel in this research is firm size partially has a positive influence but not significantly. Simultaneously, the intellectual capital and intellectual capital disclosure which controlled by firm size have significant and positive influence on banking firm value. Keywords: Intellectual Capital (MVAIC), Intellectual Capital Dsiclosure (ICD Scoring), Firm Size (LN total aset) and Firm Value (PBV). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implikasi modal intelektual dan pengungkapan modal intelektual terhadap nilai perusahaan perbankan yang listing di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2016. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah 14 perusahaan dari 43 populasi perusahaan perbankan, dengan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dan studi pustaka dalam bentuk laporan tahunan dan buku-buku yang relevan dengan penelitian. Teknik analisis data yang digunakan penelitian ini adalah statistik deskriptif dan regresi linear berganda dengan pendekatan data panel yang diolah menggunakan software Eviews 9.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modal intelektual dan pengungkapan modal intelektual yang dikontrol dengan variabel ukuran perusahaan secara parsial berpengaruh signifikan dan memiliki arah hubungan positif terhadap nilai perusahaan perbankan. Variabel kontrol dalam penelitian ini, yaitu ukuran perusahaan secara parsial memiliki arah hubungan positif namun tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Secara simultan modal intelektual dan pengungkapan modal intelektual yang dikontrol dengan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan dan memiliki arah hubungan positif terhadap nilai perusahaan perbankan. Kata kunci: Modal Intelektual (MVAIC), Pengungkapan Modal Intelektual (ICD Scoring), Ukuran Perusahaan (LN total aset) dan Nilai perusahaan (PBV).

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > HF Commerce
> HJ Public Finance
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Administrasi Bisnis
Pengguna Deposit: 19025886 . Digilib
Date Deposited: 28 Feb 2018 06:24
Terakhir diubah: 05 Mar 2018 03:16
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30670

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir