PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT DAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DAN SIKAP ILMIAH SISWA

DIAH EKA PRATIWI, 1413022018 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT DAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DAN SIKAP ILMIAH SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (53Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1921Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1471Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pembelajaran yang selama ini berlangsung di SMA Negeri 3 Bandarlampung, guru menerapkan model konvensional yang dirasa siswa tidak menyenangkan dan cenderung membuat bosan. Selama proses pembelajaran, siswa juga sering merasa tidak penting untuk mempelajari fisika karena pelajaran fisika dianggap sebagai pelajaran yang abstrak. Banyak siswa yang tidak tahu penerapan konsep fisika dalam kehidupan sehari-hari. Alhasil, banyak siswa yang mengeluh mengenai manfaat dari mempelajari fisika. Permasalahan-permasalahan yang muncul di lapangan tersebut, ternyata mempengaruhi sikap ilmiah siswa yang rendah dan kemudian berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah pula. Terbukti dengan perolehan nilai ulangan formatif di SMA Negeri 3 Bandarlampung pada materi gerak melingkar beraturan, hanya sedikit siswa yang memperoleh nilai di atas KKM. Salah satu upaya mengatasi pembelajaran yang sulit dimengerti dan meningkatkan hasil belajar ialah menggunakan menggunakan model pembelajaran yang mengaitkan materi pelajaran dengan kenyataan yang ada dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya yaitu model STM dan model PjBL. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model Sains Teknologi Masyarakat dan model Project Based Learning terhadap hasil belajar dan sikap sosial siswa pada materi gerak melingkar beraturan. Penelitian ini dilakukan di SMAN 3 Bandarlampung menggunakan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design dengan kelas kontrol (X IPA4) diberikan treatment model PjBL dan kelas eksperimen (X IPA5) diberikan treatment model STM. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan model STM terhadap hasil belajar dan sikap sosial siswa sedangkan model PjBL hanya berpengaruh pada hasil belajar siswa. Hasil analisis data juga menunjukkan bahwa siswa yang belajar dengan model STM memperoleh hasil belajar dan sikap sosial yang lebih tinggi daripada belajar dengan model PjBL. Kata Kunci: Model STM, PjBL, Hasil Belajar, Sikap Sosial.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 65191845 . Digilib
Date Deposited: 13 Mar 2018 02:44
Terakhir diubah: 13 Mar 2018 02:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30741

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir