PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MENGGUNAKAN METODE EKSPOSITORI BERBANTUAN BUKU SISWA DENGAN METODE INQUIRY BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA

SHELLY EFRIHANI , 1213022069 (2018) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MENGGUNAKAN METODE EKSPOSITORI BERBANTUAN BUKU SISWA DENGAN METODE INQUIRY BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (42Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1873Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1523Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pengetahuan ilmiah atau yang disebut dengan ilmu pengetahuan memiliki kriteria yang empiris, rasional, umum, dan kumulatif dimana keempatnya secara serentak terpenuhi. Ilmu pengetahuan juga memiliki beberapa fungsi, syarat, dan definisi yang diterangkan secara berbeda- beda menurut beberapa sumber ahli. Diantara ilmu pengetahuan tersebut digunakan sebagai satu sistem yang berfungsi untuk menentukan studi pengalaman seseorang mengenai hakikat dan prinsip tentang hak yang sedang dipelajari. Salah satunya adalah pengetahuan tentang alam, manusia dan pikiran. Proses pembentukan pengetahuan saat ini diterapkan dalam beberapa media komunikasi pembelajaran yang dirancang, diamati dan dikontrol secara teratur maka dari itu, pembelajaran mengintegrasikan beberapa aspek yang mendukung setiap kemampuan siswa dalam belajar. Ketiga aspek tersebut telah diterapkan oleh pemerintah dalam kurikulum 2013, dimana kemampuan siswa akan dinilai dalam ranah afektif, kognitif dan psikomotorik, serta teknik pembelajaran yang tepat. Dalam menindaklanjuti penerapan kurikulum 2013,penulis melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar fisika siswa menggunakan metode ekspositori berbantuan buku siswa dengan metode inquiry berbantuan lembar kerja siswa. Pada prosedur penelitian ini diperlukan adanya penentuan sampel dan populasi, serta pelaksanaan pembelajaran yang akan disusun dalam perangkat pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Martapura OKU-Timur, dengan sampel penelitian kelas VII C sebagai kelas eksperimen1 yang menggunakan metode inquiry berbantuan lembar kerja siswa dan kelas VII D sebagai kelas eksperimen 2 yang menggunakan metode ekspositori berbantuan buku siswa. Kemudian, data hasil penelitian diolah secara statistik dan memperoleh kesimpulan rata-rata hasil belajar fisika siswa dalam ranah afektif, psikomotorik dan kognitif. Dari rata-rata hasil belajar tersebut diperoleh nilai ranah afektif dan ranah kognitif sebesar 2,37 dan 9,73, serta untuk ranah psikomotorik sebesar 4,91. Kata kunci: hasil belajar, metode inquiry berbantuan lembar kerja siswa, metode ekspositori berbantuan buku siswa.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QC Physics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 31752663 . Digilib
Date Deposited: 22 Mar 2018 09:22
Terakhir diubah: 22 Mar 2018 09:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30794

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir