PENINGKATKAN EFIKASI DIRI DALAM BELAJAR MENGGUNAKAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK LATIHAN ASERTIF PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 15 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

TRI MAULITA SARI, 1343052011 (2018) PENINGKATKAN EFIKASI DIRI DALAM BELAJAR MENGGUNAKAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK LATIHAN ASERTIF PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 15 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1008Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1009Kb) | Preview

Abstrak

Masalah penelitian ini adalah efikasi diri dalam belajar siswa masih rendah. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan efikasi diri dalam belajar dengan menggunakan layanan konseling kelompok teknik latihan asertif pada siswa kelas XI SMA Negeri 15 Bandar Lampung tahun pelajaran 2017/2018. Metode penelitian ini adalah metode pre-eksperimental design dengan desain one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian sebanyak 6 siswa yang memiliki efikasi diri dalam belajar yang rendah dan sedang. Teknik pengumpulan data menggunakan skala efikasi diri dalam belajar. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan layanan konseling kelompok teknik latihan asertif dapat meningkatkan efikasi diri dalam belajar siswa, terbukti dari hasil analisis data menggunakan uji wilcoxon, diperoleh harga zhitung= -2,201< ztabel = 1,645 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya adalah efikasi diri dalam belajar dapat ditingkatkan dengan menggunakan layanan konseling kelompok teknik latihan asertif pada siswa kelas XI SMA Negeri 15 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018. Kata kunci: bimbingan dan konseling, efikasi diri dalam belajar, konseling kelompok, latihan asertif

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: 14184495 . Digilib
Date Deposited: 29 Mar 2018 07:09
Last Modified: 29 Mar 2018 07:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30840

Actions (login required)

View Item View Item