PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 3 PESISIR SELATAN KABUPATEN PESISIR BARAT

YONA FEBRIATI, 1413034074 (2018) PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 3 PESISIR SELATAN KABUPATEN PESISIR BARAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2592Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1573Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagain besar nilai siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu masih dibawah kriteria ketuntasan minimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis (1) perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divison dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional (2)pengaruh aktivitas belajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu yaitu metode yang membandingkan hasil belajar dengan pemberian perlakuan pada suatu objek. Analisis data yang digunakan adalah uji t-tes dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar yang signifikan pada kelas yang diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division dengan kelas yang diberi perlakuan model pembelajaran konvensional, dimana kelas eksperimen lebih tinggi rata-rata hasil belajarnya dari kelas kontrol, ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu. Kata Kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, dan student team achievement division The problem in this research is most of student value of subject matter of social science still under minimum mastery criteria. The purpose of this research is to find out and analyze (1) the difference of students' achievement between those who are taught by applying cooperative learning modelof the Student Team Achievement Divison type and those students in class who are taught by using conventional teaching model (2) the influence of students' learning activities through cooperative learning model of the Student Team Achievement Division type towards the students' learning achievement class in the subject of Social Science. The method of this research is quasi experiment which compares the result of the learning process by giving a treatment to the certain objects. The data analysis used was t-test and a simple linear regression. The research showed that there is a significant difference between the students'achievement of the class which was given a treatment of cooperative learning type of Student Team Achievement Division and the class which was given a treatment of conventional teaching model, where the experimental class has a higher rate of learning result or achievement compared to the control class, and also there is an influence of cooperative learning model of Student Team Achievement Division type towards the students learning achievement in the subject of Social Science. Keywords: learning activity, learning achievement, and student team achievement division

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS
Pengguna Deposit: 76836712 . Digilib
Date Deposited: 03 Apr 2018 07:21
Terakhir diubah: 03 Apr 2018 07:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30855

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir