PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELMAR IPS DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BAGI SISWA KELAS V SDN 1 PANJANG SELATAN KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

SRI SUMARNI, 1013069133 (2017) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELMAR IPS DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BAGI SISWA KELAS V SDN 1 PANJANG SELATAN KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Fakultas FKIP, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
1. ABSTRAK.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] Text
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2535Kb)
[img]
Preview
Text
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2330Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELMAR IPS DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BAGI SISWA KELAS V SDN 1 PANJANG SELATAN KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Oleh SRI SUMARNI Masalah dalam penelitian ini adalah belum ada peningkatan aktivitas hasil pelajar IPS dengan pendekatan CTL bagi siswa kelas V SD Negeri 1 Panjang Selatan. Tujuan penelitian tindakan ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui penerapan pendekatan CTL. Metode Penelitian menggunakan Penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 1 Panjang Selatan, semester genap Tabun Pelajaran 2016/2017. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi aktivitas belajar siswa dan tes hasil Belajar. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus, dan masingmasing siklus terdiri dari empat tahap kegiatan, yaitu tahap perencanaan (planning), tahap pelaksanaan (acting), tahap pengamatan (obserevasing), dan tahap refleksi berdasarkan hasil pengamatan (reflecting). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan CTL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS. Rata-rata skor aktivitas siswa pada siklus I adalah 64,6 dan pada siklus II meningkat menjadi 71,3. Mai hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan pada siklus II 75% siswa mencapai KKM. Kata Kunci : Aktivitas, Hasil Belajar, Pembelajaran IPS, Pendekatan CTL

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: 64452023 . Digilib
Date Deposited: 04 Apr 2018 06:46
Last Modified: 04 Apr 2018 06:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30859

Actions (login required)

View Item View Item