PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH, CITRA DESTINASI DAN FASILITAS WISATA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG YANG DIMEDIASI OLEH RESPON EMOSIONAL (Studi pada Pengunjung Wahana Air Lampung Walk Bandar Lampung)

INDRIYANI RATNA DEWI, 1416051051 (2018) PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH, CITRA DESTINASI DAN FASILITAS WISATA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG YANG DIMEDIASI OLEH RESPON EMOSIONAL (Studi pada Pengunjung Wahana Air Lampung Walk Bandar Lampung). UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK .

[img]
Preview
Text
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1100Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1099Kb)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh electronic word of mouth, citra destinasi dan fasilitas wisata terhadap keputusan berkunjung yang dimediasi oleh respon emosional pada pengunjung wahana air Lampung Walk di Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling untuk mengambil sampel sebanyak 100 responden Lampung Walk di Bandar Lampung menggunakan kuesioner. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan alat uji Smart PLS versi 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial, untuk variabel electronic word of mouth dan fasilitas wisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung, namun citra destinasi berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan berkunjung. Hal ini menunjukkan bahwa pengunjung memiliki keputusan berkunjung bukan karena melihat bagaimana citra destinasi yang dimiliki Lampung Walk. Variabel electronic word of mouth yang dimediasi respon emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung, selanjutnya variabel citra destinasi dan fasilitas wisata yang dimediasi respon emosional berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan berkunjung. Hal ini menunjukkan bahwa peran respon emosional tidak memediasi penuh antara citra destinasi dan fasilitas wisata terhadap keputusan berkunjung pada destinasi wahana air Lampung Walk. Kata Kunci: Citra Destinasi, Electronic Word of Mouth, Fasilitas Wisata, Keputusan Berkunjung, Respon Emosional. ABSTRACT The purpose of this research is determined and explained the impact of electronic word of mouth, destination image and tourism facilities on visiting decision mediated by the emotional response of the visitors at Lampung Walk water in Bandar Lampung. The type of this research is explanatory research with quantitative method. The research samples were selected by using purposive sampling method to get 100 respondens as the sample from Lampung Walk in Bandar Lampung, who filling the questionnaire of this research. Data analysis method in this research used Partial Least Square (PLS) with software Smart PLS version 3.0. The results of this research indicate partially, electronic word of mouth and tourism facilities have a positive and significant impact on visiting decision, but the destination image has no significant effect on visiting decision. This result indicates that visitors have a decision to visit not because of the destination image owned by Lampung Walk. Then the electronic word of mouth variable that was mediated by emotional responses have a positive and significant impact on visiting decision, then the destination image and tourism facilities which mediated by emotional responses have a positive but not significant impact on visiting decision. This result indicates that the role of emotional response as mediating variable does not fully mediated between destination image and the tourism facilities on visiting decision to Lampung Walk water destination. Keyword: Destination Image, Electronic Word of Mouth, Tourism Facilities, Visit Decision, Emotional Response.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: H Ilmu Sosial = Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Ilmu Sosial = Social Sciences > HF Commerce
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Administrasi Bisnis
Depositing User: 201880138 . Digilib
Date Deposited: 20 Apr 2018 04:08
Last Modified: 20 Apr 2018 04:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31084

Actions (login required)

View Item View Item