Dahliya, 113127005 (2014) PENERAPAN PENDEKATAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KONSEP SIFAT-SIFAT MAGNET DI KELAS V SD NEGERI 1 TANJUNG KEMALA KECAMATAN PUGUNG. FKIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (109Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (180Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (193Kb) | Preview |
|
|
File PDF
KATA PENGANTAR.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (192Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (127Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab II.pdf Download (67Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (45Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB V.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (186Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (9Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan identifikasi masalah serta temuan peneliti di lapangan proses pembelajaran sains masih didominasi oleh guru melalui “transfer penelitian”. Hal tersebut berdampak negatif baik dari segi proses maupun hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 1 Tanjung Kemala Kecamatan Pugung. Penelitian tentang analisis penggunaan pendekatan inkuiri ini dilakukan sebagai upaya menemukan solusi untuk memperbaiki teknis perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pada proses pembelajaran. Pada penelitian ini penulis menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur pelaksanaan melalui tiga siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari; (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan isntrumen aktivitas siswa, lembar instrument kinerja guru dan lembar soal tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan inkuiri pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 1 Tanjung Kemala Kecamatan Pugung berdampak pada peningkatan aktivitas dan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas belajar siswa pada siklus I (35,11%) dengan kriteria “kurang aktif” meningkat pada siklus II menjadi (51,57%) dengan kriteria “cukup aktif” dan pada siklus III (62,23%) dengan kriteria “aktif”. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I (59,42%), siklus II (64,80%), siklus III (70%). Kata kunci: Pendekatan Inkuiri, aktivitas dan hasil belajar
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 824033 . Digilib |
Date Deposited: | 27 Aug 2014 02:49 |
Terakhir diubah: | 27 Aug 2014 02:49 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/3112 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |