Giyarto, RYZAL PERDANA (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3E DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGKOMUNIKASIKAN DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI ASAM BASA. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
3. COVER DALAM.pdf - Published Version Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. HALAMAN MENYATUJUI.pdf - Published Version Download (205Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (142Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (59Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (73Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (109Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (214Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (353Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (39Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (9Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (4Mb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Ketepatan pendidik dalam memilih dan menerapkan model pembelajaran mempe-ngaruhi tingkat keterampilan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep. Keterampilan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep yang dilatihkan mela-lui model pembelajaran yang tepat akan menghantarkan siswa pada pembelajaran yang lebih bermakna. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh model pembel-ajaran yang efektif dalam meningkatkan keterampilan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep siswa pada materi asam basa. Model pembelajaran Learning Cycle 3E terdiri dari 3 fase yaitu fase eksplorasi (exploration), fase penjelasan konsep (explaination) dan fase penerapan konsep (elaboration). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 pekalongan kelas XI IPA 1 dan XI IPA4 semester genap tahun ajaran 2012-2013 yang memiliki karakteristik hampir sama. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design. Efektivitas model pembelajaran Learning Cycle 3E diukur berdasarkan peningkatan gain yang signifikan. Hasil penelitian Ryzal Perdana iii menunjukkan nilai rata-rata N-gain keterampilan mengkomunikasikan untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,55 dan 0,66 dan rata-rata N-gain penguasaan konsep untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,53 dan 0,65. Berdasarkan uji hipotesis, diketahui bahwa kelas dengan pembelajaran Learning - Cycle 3E memiliki keterampilan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep yang lebih tinggi dibandingkan kelas dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran Learning Cycle 3E efektif dalam meningkatkan keterampilan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep siswa. Kata kunci: pembelajaran Learning Cycle 3E, keterampilan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan > QD Chemistry |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 10 Jan 2014 02:22 |
Terakhir diubah: | 10 Jan 2014 02:22 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/312 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |