IDENTIFIKASI KESULITAN GURU IPA DALAM MERENCANAKAN DAN MELAKSANAKAN ASESMEN (Studi Deskriptif pada Guru IPA SMP Negeri di Kecamatan Tulang Bawang Tengah dan Kecamatan Tumijajar)

PUTRI JANATI, 1313024067 (2018) IDENTIFIKASI KESULITAN GURU IPA DALAM MERENCANAKAN DAN MELAKSANAKAN ASESMEN (Studi Deskriptif pada Guru IPA SMP Negeri di Kecamatan Tulang Bawang Tengah dan Kecamatan Tumijajar). UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (631Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1063Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kesulitan guru IPA SMP Negeri di Kecamatan Tulang Bawang Tengah dan Kecamatan Tumijajar dalam merencanakan dan melaksanakan asesmen. Sampel pada penelitian ini sebanyak 32 guru yang diambil menggunakan teknik total sampling. Data penelitian berupa data kualitatif, dikumpulkan dengan menggunakan angket dan wawancara, kemudian dianalisis secara deskriptif persentase dan Model Miles-Huberman yang di dukung dengan data profil guru. Hasil penelitian menunjukkan kesulitan guru IPA dalam merencanakan asesmen termasuk kategori cukup dengan persentase sebesar 36,9%, kesulitan berkategori rendah ditemukan pada sub-indikator menentukan bentuk asesmen berdasarkan KD, kesulitan dengan kategori cukup pada sub-indikator menetapkan tujuan asesmen berdasarkan KD, membuat indikator asesmen berdasarkan KD, menentukan teknik asesmen berdasarkan KD, membuat kisi-kisi asesmen, dan membuat rubrik asesmen, serta kesulitan berkategori tinggi pada sub-indikator menuliskan pertanyaan berdasarkan kaidah penulisan soal. Kesulitan guru IPA dalam melaksanakan asesmen tergolong kategori cukup dengan persentase kesulitan sebesar 33,7%, dengan kesulitan berkategori rendah ditemukan pada indikator pelaksanaan asesmen ranah kognitif (yang dipengaruhi oleh fasilitas ruang belajar, membagikan soal, pengawasan tes, alokasi waktu, kondisi pelaksanaan, dan karakter siswa), kesulitan dengan kategori cukup pada indikator pelaksaan asesmen ranah afektif (yang dipengaruhi oleh mengamati aspek yang diniai, alokasi waktu, kondisi pelaksanaan, jumlah peserta didik, dan karakter siswa), serta kesulitan dengan kategori cukup pada pelaksanaan asesmen ranah psikomotorik (yang dipengaruhi oleh mengamati aspek yang dinilai, fasilitas ruang belajar, alokasi waktu, pengawasan kegiatan, kondisi pelaksanaan, jumlah peserta didik, serta karakter siswa). Kata kunci : asesmen, guru IPA, kesulitan, melaksanakan, merencanakan

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 201849341 . Digilib
Date Deposited: 30 Apr 2018 07:50
Terakhir diubah: 30 Apr 2018 07:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31360

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir