PENGEMBANGAN BUKU PENUNTUN PRAKTIKUM SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN DENGAN MODEL ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY (ADI) UNTUK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 BANDAR LAMPUNG

WAHYU DWI LESTARI, 1313024090 (2018) PENGEMBANGAN BUKU PENUNTUN PRAKTIKUM SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN DENGAN MODEL ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY (ADI) UNTUK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2049Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2050Kb) | Preview

Abstrak

Pembelajaran IPA erat kaitannya dengan kegiatan praktikum untuk meningkatkan keterampilan proses ilmiah siswa. Kegiatan praktikum lebih efektif dan efisien apabila ditunjang dengan penuntun praktikum. Namun, penuntun praktikum yang mencerminkan proses ilmiah masih sulit untuk ditemukan. Oleh sebab itu, dikembangkan Buku Penuntun Praktikum Sistem Organisasi Kehidupan dengan Model Argument-Driven Inquiry (ADI) untuk siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas dan praktikalitas buku penuntun praktikum sistem organisasi kehidupan yang dikembangkan dengan model ADI. Desain penelitian yang digunakan yaitu R & D dengan model 4-D oleh Thiagarajan meliputi tahapan define, design, develop, dan disseminate. Namun tahap disseminate tidak dilakukan. Data dalam penelitian ini meliputi data hasil optimasi buku penuntun praktikum, hasil validasi, hasil keterbacaan oleh siswa, dan observasi keterlaksanaan praktikum menggunakan buku penuntun praktikum iii yang dikembangkan. Instrumen pengambilan data berupa lembar optimasi buku penuntun praktikum, angket validasi, angket keterbacaan siswa, dan lembar observasi keterlaksanaan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan karakteristik buku penuntun praktikum sistem organisasi kehidupan dengan model ADI dibuat dengan sampul yang cerah dan huruf Californian FB font 12. Setiap penuntun praktikum terdiri atas identitas siswa, judul praktikum, dasar teori, tujuan, pertanyaan penelitian, alat dan bahan, langkah kerja, argumentasi (claim, bukti/data, warrant, dan backing), sesi argumentasi, dan laporan. Hasil uji optimasi kegiatan praktikum memperoleh skor 3 berarti argumentasi yang disusun terdiri dari claim, data, dan warrant. Skor 4 berarti argumentasi yang disusun terdiri dari claim, data, warrant dan backing. Hasil uji validasi ahli terhadap buku penuntun praktikum yang dikembangkan memperoleh skor keidealan 88% dengan kategori “baik sekali” dan hasil uji validasi praktisi memperoleh skor keidealan 82% dengan kriteria “baik sekali”. Hasil uji keterbacaan siswa terhadap buku penuntun praktikum memperoleh skor 91% dengan kriteria “baik sekali”. Sementara, hasil uji keterlaksanaan prosedur praktikum memperoleh rata-rata skor 98,5% dengan kriteria “hampir seluruh kegiatan terlaksana”. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat dikatakan bahwa buku penuntun praktikum sistem organisasi kehidupan dengan model ADI yang dikembangkan valid dan praktis digunakan oleh guru dan siswa. Kata Kunci : Buku Penuntun Praktikum, Argument-Driven Inquiry (ADI), Sistem Organisasi Kehidupan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 201856318 . Digilib
Date Deposited: 02 May 2018 03:22
Terakhir diubah: 02 May 2018 03:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31375

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir