IMPLIKATUR PERCAKAPAN DALAM PEMBELAJARAN OLAHRAGA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 BANDARLAMPUNG

ATIK KARTIKA, 1223041003 (2014) IMPLIKATUR PERCAKAPAN DALAM PEMBELAJARAN OLAHRAGA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 BANDARLAMPUNG. UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (44Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (58Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENYETUJUI.pdf

Download (502Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENGESAHKAN.pdf

Download (513Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (250Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (3975b) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (3923b) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (55Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR SINGKATAN.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (63Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (150Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (60Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (44Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (507Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK IMPLIKATUR PERCAKAPAN DALAM PEMBELAJARAN OLAHRAGA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG Oleh ATIK KARTIKA Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan implikatur percakapan dalam pembelajaran olahraga pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Bandar Lampung. Penulis meneliti hal tersebut karena tuturan dalam pembelajaran olahraga memiliki perbedaan yang siginifikan dengan pembelajaran di kelas. Perbedaan itu terletak pada kedekatan hubungan emosional antara guru dan siswa. Kedekatan hubungan emosional antara siswa dan guru olahraga cukup erat dibandingkan dengan guru mata pelajaran lainnya. Hal ini membuat keduanya dapat memahami bentuk tuturan yang berupa implikatur dengan mudah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh berupa catatan reflektif tuturan yang berupa implikatur guru olahraga dan siswa kelas XI SMA Negeri 2 Bandar Lampung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) jenis tuturan yang dominan digunakan untuk berimplikatur yaitu tindak tutur direktif, hal tersebut ditandai dengan adanya data tindak tutur direktif yang lebih banyak dibandingkan dengan Atik Kartika jenis tindak tutur lainnya, (2) penggunaan bentuk verbal tuturan dalam berimplikatur menunjukkan bahwa antara siswa dan guru olahraga memiliki pengetahuan dan kerja sama yang baik dalam pemahaman bentuk verbal tuturan tersebut, (3) pemanfaatan konteks dalam berimplikatur menunjukkan bahwa konteks tempat, waktu, dan situasi juga berperan penting guna mendukung keberhasilan komunikasi antara siswa dan guru olahraga, dan (4) perlokusi mitra tutur terhadap implikatur menunjukkan bahwa tidak semua implikatur dapat direspons dengan positif. Pada kenyataannya selain perlokusi responsif positif, perlokusi yang ditimbulkan mitra tutur berupa responsif negatif dan perlokusi nonresponsif. ABSTRACT CONVERSATIONAL IMPLICATURES IN SPORTS EDUCATION LEARNING OF THE ELEVENTH GRADE STUDENTS OF SMA NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG By ATIK KARTIKA This study was conducted to describe conversational implicatures in sports education learning of the eleventh grade students of SMA Negeri 2 Bandar Lampung. The writer examined the case since the speech used in sports learning differs from that of in classroom learning. The difference lies on the emotional relationship closeness between students and their sports teacher. The relationship between them is quite close compared with that of between students and teachers of other subjects. This makes them comprehend utterances in the form of implicatures easily. The method used in this research was a descriptive qualitative method. Data obtained were in the form of reflective note of utterances in the form of implicatures of sports teacher and students of the eleventh grade students of SMA Negeri 2 Bandar Lampung. The results of this study indicate that (1) the dominant type of speech that is used to implicating directive speech act, it is marked by a directive speech acts which Atik Kartika the data more than other types of speech acts, (2) the use of verbal utterances in implicating show that between students and sports teacher have the knowledge and exercise good cooperation in understanding the form of verbal utterances, (3) the use of context in implicating shows that the context implicating place, time, and circumstances also play an important role to support the success of communication between students and the sports teacher, and (4) hearer’s perlocutions towards implicatures show that not all can be responded to positively. In fact besides positive responsive perlocution, perlocution hearer posed a negative responsive and nonresponsive perlocution.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Depositing User: 808351 . Digilib
Date Deposited: 29 Aug 2014 04:25
Last Modified: 30 Oct 2015 02:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/3147

Actions (login required)

View Item View Item