AYU DWI LESTARI, 1513069019 (2018) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MELALUI METODA STAD KELAS V SDN 1 RAWA LAUT DI BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1918Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (580Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya proses dan hasil belajar siswa kelas VI terutama dalam pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil pembelajaran IPS melalui metoda STAD. Dengan menggunakan penelitian tindakan kelas di SD Negeri 1 Rawa Laut dengan tiga siklus. Pada sisklus pertama sebagian siswa belum terbiasa dengan kondisi belajar kooperatif tipe STAD sehingga dilakukan tindakan dengan memberikan penjelasan pada siswa tentang prinsip-prinsip pembelajaran kooperatif tipe STAD. Dari hasil observasi, aktivitas siswa meningkat dari 69% menjadi 74% pada siklus kedua dan menjadi 85% pada siklus ketiga. Sementara itu, hasil ulangan harian menunjukan peningkatan dari rata-rata sebesar 5,48 pada ulangan harian kesatu (sebelum penggunaan pembelajaran kooperatif tipe STAD) menjadi rata-rata 7,33 pada ulangan harian ketiga (sebelum penggunaan pembelajaran kooperatif tipe STAD). Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dalam pembelajaran pengetahuan social pada kelas V SDN 1 Rawa laut. Kata Kunci : inovasi, STAD, kooperatif
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 201849949 . Digilib |
Date Deposited: | 22 May 2018 04:22 |
Terakhir diubah: | 22 May 2018 04:22 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31474 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |