HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN VERBAL DAN KECERDASAN LOGIKA-MATEMATIKA DENGAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS MAWAR METRO PUSAT

AYU PUSPITASARI , 1413053021 (2018) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN VERBAL DAN KECERDASAN LOGIKA-MATEMATIKA DENGAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS MAWAR METRO PUSAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (98Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1813Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1676Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Gugus Mawar Metro Pusat diindikasi dari banyaknya siswa yang belum tuntas, yaitu sekisar 47% atau 73 orang dari 153 siswa tidak memenuhi KKM yang ditentukan setiap sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara kecerdasan verbal dan kecerdasan logika-matematika dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita matamatika siswa.Jenis penelitian ini adalah ex-postfacto korelasional.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tekniktes (angket), dan studi dokumentasi.Instrumen pengumpulan data berupa soal tes pilihan ganda dan uraian yang diuji validitas dan reliabilitasnya. Berdasarkan hasil pehitungan uji hipotesis menunjukkan thit = 53,3 > ttab= 3,15 (dengan α = 0,05). Artinya, terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan verbal dan kecerdasan logika-matematika dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas V SD Negeri Gugus Mawar Metro Pusat. . Kata kunci: kecerdasan verbal, logika-matematika, soal cerita matematika. ABSTRACT The problem in this research was the result of learning the math of students grade V Elementary School Gugus Mawar of Central Metro were still low. Type of this research was an ex-postpacto correlational. The sampel of this research was 62 respondents. The purpose of this research was to determine the significant correlation between Verbal Intelligence and Logic-Mathematic Intelligence with Ability Solving Mathematic’s Story Problem of students. Technique of collecting the data obtained through interview, study of documentation, and test technique. Based on the result of the hypothesis test showed there was a significant and positive correlation between Verbal Intelligence and Logic-Mathematic Intelligence with Ability Solving Mathematic’s Story Problem of Students Grade V Elemantary School Gugus Mawar of Central Metro with tcount 53,3 > ttabel 3,15 (with α = 0,05) Keyword : Verbal Intelligence, Logic-Mathematic, Mathematic’s Story Problem

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 201822920 . Digilib
Date Deposited: 31 May 2018 02:20
Terakhir diubah: 31 May 2018 02:20
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31519

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir